Sukses

Beauty

Ingin Memilih Sabun Bagi Kulit Wajah Berminyak dan Berjerawat? Perhatikan 2 Hal Ini

Fimela.com, Jakarta Semua orang menyukai perasaan bersih yang mereka dapatkan setelah mencuci wajah. Namum yerkadang beberapa sabun wajah memberikan sensasi bersih, namun terasa kering setelahnya. Hal tersebut menyebabkan wajah akan lebih berminyak, karena kehilangan minyak alami pada wajah akan memicu produksi minyak yang lebih.

Tak hanya itu, kandungan minyak yang berlebih pada wajah, juga akan menimbulkan lebih banyak jerawat. Pori-pori kulit akan lebih mudah tersumbat dan membutuhkan perawatan ekstra.  

Penting untuk diketahui, terdapat beberapa kandungan pada sabun wajah yang baik untuk kulit berminyak dan berjerawat, serta beberapa kandungan yang harus dhindari. 

Dikutip dari PublicGoods bahan-bahan berikut memiliki hasil yang terbukti secara ilmiah dalam mengurangi minyak dan jerawat. Beberapa kandungan ini harus diperhatikan saat memilih sabun wajah untuk pemilik kulit berminyak dan jerawa.

Perhatikan kandungan penting di dalam produk sabun khusus wajah

 

  • Salicylic Acid atau hydroxy acid (BHA) yang berasal dari pohon willow yang menurut Dr. Tonkovic-Capin membuka pori-pori sehingga sebum dapat dengan bebas mengeluarkan kulit. Pembersih pengelupasan yang mengandung salicylic acid bisa menjadi senjata yang berguna melawan jerawat. Yang mengandung asam laktat paling baik untuk kulit normal-kering; salicylic acid sangat baik untuk kulit berminyak.
  • Tea Tree Oil adalah minyak esensial yang kuat dan antiseptik alami. Beberapa minyak esensial dapat membantu mengobati jerawat dan kondisi kulit lainnya; Tea Tree Oil khususnya memerangi berbagai macam bakteri, jamur, virus, dan bahkan ragi yang menyumbat pori-pori.
  • Glycolic Acid adalah Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang berasal dari tebu. Ini bisa sulit pada kulit sensitif karena ini terutama bekerja melalui pengelupasan kulit, menghilangkan sel-sel kulit mati yang menjebak minyak dan kotoran di pori-pori.
  • Benzoyl Peroxide tersedia dalam bentuk over-the-counter dan resep. Ini secara efektif menghancurkan bakteri dan meningkatkan pergantian sel kulit. Ini anti-inflamasi, tetapi bisa mengiritasi kulit sensitif.
  • Hyaluronic Acid adalah asam alami dalam tubuh. Ini mencegah pengeringan berlebih dengan menjaga kulit tetap lembab sambil menetralisir bakteri.
  • Bentonite Clay adalah bahan yang populer dalam pembersih dan masker klarifikasi karena menyerap bakteri pada tingkat yang sangat cepat sehingga mereka dilenyapkan pada tingkat sel. Namun, Bentonite clay bisa membuat kulit menjadi terlalu kering.
  • Minyak kelapa mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi seperti menambahkan minyak ke kulit berminyak’. Minyak kelapa menyeimbangkan pembersih wajah dengan memperbaiki penghalang kulit dan mengunci jumlah kelembapan yang tepat agar kulit Anda tidak bereaksi berlebihan.
  • Karena setiap jenis kulit berbeda, lakukan tes tempel terlebih dahulu. Oleskan setiap pencuci wajah ke kulit lengan bawah Anda dan lihat bagaimana reaksinya. Jika menjadi merah atau gatal, cobalah produk dengan bahan yang berbeda.

Dr. Tonkovic-Capin menambahkan, “Cari produk pembersih apa pun yang menyatakan pH seimbang, yang setidaknya berarti pabrikan memperhatikannya.” dikutip dari PublicGoods

Kandungan dalam produk sabun wajah yang harus dihindari untuk kulit berminyak dan berjerawat

Bahan-bahan berikut ditemukan di banyak pembersih wajah dan pelembap (baik dalam lotion dan krim) tetapi sering ditambahkan untuk tujuan estetika. Mereka awalnya memberi kulit perasaan halus dan bersih, tetapi dapat merangsang produksi minyak dan memperburuk jerawat dari waktu ke waktu.

  • Mineral Oil telah menerima reputasi buruk dalam beberapa tahun terakhir karena berasal dari minyak bumi. Namun, dalam bentuk yang sangat halus ini, sepenuhnya aman untuk digunakan. Satu-satunya masalah adalah ia membentuk lapisan di atas kulit untuk mempertahankan kelembapan, menjadikannya pilihan yang buruk bagi orang-orang dengan kulit berminyak dan rawan jerawat.
  • Silikon ditemukan dalam produk dari kosmetik hingga tabir surya. Seperti minyak mineral, silikon memberi kulit Anda perasaan terhidrasi dengan meninggalkan lapisan produk pada kulit. Residu ini menjebak minyak, kotoran dan kotoran, yang selanjutnya menyumbat pori-pori.
  • Alkohol terasa luar biasa pada kulit berminyak pada awalnya. Ini dengan cepat melarutkan lemak dan minyak, tetapi juga mengeringkan kulit Anda. Kekeringan adalah sinyal untuk kulit Anda untuk meningkatkan produksi sebum, membuat Anda terjebak dalam lingkaran setan pelembap dan degreasing, dan dengan banyak sebum berlebih di wajah Anda. Apa pun jenis kulit Anda, selalu hindari wewangian sintetis dan pewarna buatan.

*Reporter: Jeihan Lutfiah Zahrani Yusuf

#Women For Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading