Sukses

Beauty

5 Tahapan Skincare untuk Kulit Berjerawat, Beserta Rekomendasi Produknya

Fimela.com, Jakarta Merawat kulit berjerawat kerap menjadi masalah yang tak kunjung usai. Mengutip BeautyHaul dari survei 2021 Beauty Trends oleh Jakpat, sebanyak 81 persen orang Indonesia menginginkan wajah bebas jerawat.

Namun, faktanya, sebanyak 46 persen masyarakat Indonesia memiliki permasalahan kulit wajah berjerawat. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui langkah merawat kulit berjerawat dari para expert!

Melihat fakta ini, BeautyHaul, beauty-ecommerce pertama di Indonesia berkomitmen mengedukasi masyarakat tentang pentingnya merawat kulit. Bersama Medical Innovation Expert BeautyHaul, dr. Claudia Christin, Beautyhaul memberikan cara merawat kulit berjerawat.

“Jerawat biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti minyak yang menumpuk pada wajah, pori-pori yang tersumbat, dan produksi minyak berlebih. Hal ini bisa dipicu oleh gaya hidup, pola makan, dan hormon. Kunci dalam merawat kulit berjerawat adalah dengan memilih dan menggunakan produk yang tepat,” ucap dr. Claudia.

Ingin mengetahui apa saja langkah merawat kulit berjerawat dari ahlinya? Yuk, simak rekomendasi step-by-step routine dan produk skin care untuk merawat acne prone skin dari dr. Claudia berikut ini, ya! 

 

Langkah merawat kulit berjerawat

1. Lakukan double cleansing

Salah satu tahapan utama dalam merawat kulit wajah adalah dengan membersihkan wajah menggunakan cleanser. Kuncinya, pemilik kulit berjerawat penting untuk melakukan double-cleansing yang berguna mengangkat minyak dan kotoran dari pori-pori wajah. 

Hal yang perlu dihindari adalah memilih produk micellar water yang memiliki kandungan fragrance atau pewangi. Untuk itu, pilihlah sabun cuci muka yang mengandung bahan aktif seperti Salicylic acid sebab mampu membersihkan wajah secara mendalam.

Rekomendasi produk: Somethinc Reset Gentle Micellar Cleansing Water Somethinc dan  Glowinc Potion ACNECORE+ Clear AC low pH Gel Cleanser.

Beli di sini.

2. Eksfoliasi kulit wajah secara rutin

Salah satu produk pilihan untuk mengeksfoliasi wajah adalah dengan menggunakan exfoliating toner.  Perlu diingat bahwa produk ini hanya digunakan dua sampai tiga kali dalam satu minggu.

Penggunaan produk eksfoliasi semacam itu penting untuk kulit berjerawat sebab dapat mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah yang tidak dapat diangkat oleh sabun pencuci muka. Pastikanlah kamu memilih exfoliating toner dengan kandungan bahan aktif seperti AHA, BHA, atau PHA.

Rekomendasi produk: Avoskin Miraculous Refining Toner.

Beli di sini.

3. Gunakan serum wajah

Tak kalah penting, kamu harus memilih serum dengan kandungan yang diformulasikan untuk kulit berjerawat. Pasalnya, saat ini, banyak brand sudah mengeluarkan serum untuk berbagai jenis kebutuhan. 

Tidak seperti serum pada umumnya yang memiliki peran utama sebagai skinfood untuk kulit wajah, serum untuk kulit berjerawat mengandung bahan aktif seperti bakuchiol dan niacinamide. Kandungan tersebut berfungsi mematikan bakteri penyebab jerawat dan kandungan pencegah inflamasi. 

Rekomendasi produk:  Lacoco 5% Bakuchiol Essence.

Beli di sini.

Langkah merawat kulit berjerawat

4. Menghidrasi kulit

Salah satu tahapan penting dalam merawat acne prone skin adalah melembapkan kulit. Agar kulitmu terhidrasi dengan cukup, pilihlah produk pelembap yang cocok untuk kulit berminyak agar mencegah over-moisturizing.

Produk pelembab yang kurang tepat berpotensi menyebabkan penumpukan minyak sehingga wajah semakin oily. Kamu bisa memilih produk moisturizer water-based yang ringan dan tidak menyebabkan iritasi sehingga aman untuk digunakan sehari-hari.

Rekomendasi produk: Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream.

Beli di sini.

5. Gunakan acne spot gel untuk kurangi peradangan akibat jerawat

Apablia jerawat baru akan atau sudah muncul, ada baiknya kamu menggunakan acne spot gel untuk membantu membunuh bakteri aktif dan meredakan peradangan jerawat. Pilihlah acne spot gel yang mengandung Salicylic Acid karena dapat melawan bakteri jerawat dan meredakan kemerahan akibat jerawat,

Rekomendasi produk: Glowinc Potion ACNECORE+ Acne Spot Gel.

Beli di sini.

Itulah beberapa rekomendasi step skincare bagi pemilik kulit berjerawat beserta rekomendasi produk dari BeautyHaul. Nah, sekarang kamu sudah memahami tahapan skincare routine dan kandungan produk untuk acne prone skin, bukan? Yuk, segera praktkkan langkah-langkah di atas!

 

*Penulis: Ersya Fadhila Damayanti.

#Women for Women

What's On Fimela
Loading