Sukses

Beauty

How To: 5 Cara Memakai Sheet Mask Dengan Benar untuk Hasil Maksimal

Fimela.com, Jakarta Menggunakan masker wajah adalah cara yang menyenangkan dan santai untuk memperbaiki kulit kamu. Meskipun ada banyak jenis masker, sheet mask menjadi populer karena penggunaanya yang lebih mudah.

Sheet mask adalah masker berbentuk wajah yang biasanya terbuat dari potongan kain tipis. Kain ini memiliki lubang untuk mata, mulut, dan hidung. Namun tetap dapat menutupi wajah sepenuhnya. Sheet mask direndam dalam cairan penuh nutrisi yang disebut serum.

Dilansir dari siobeauty.com, sheet mask adalah cara mudah untuk memberi kulit kamu banyak kelembapan dan nutrisi penting. Tetapi penting untuk dicatat bahwa sheet mask tidak membersihkan atau mengelupas kulit. Sebagai gantinya, sheet mask bisa digunakan sebagai metode aplikasi serum yang sangat efektif. Hal lain yang tidak mampu dilakukan oleh masker lembar adalah mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Cara Menggunakan Sheet Masks dengan Mudah

1. Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Bersihkan kulit dengan pembersih wajah yang lembut. Ingatlah untuk menggunakan air hangat (bukan panas) dan busakan dengan lembut. Setelah dibersihkan, keringkan wajah dengan handuk lembut.

2. Gunakan Toner Favorit

Sebelum memakai sheet mask, langkah ini penting karena toner akan menyeimbangkan tingkat pH kulit kamu dan membantu membuka pori-pori untuk menerima manfaat dari sheet mask. Toner berfungsi untuk mempersiapkan kulit agar dapat memaksimalkan semua nutrisi yang ada pada sheet mask.

3. Letakkan Sheet Mask di Wajah

Letakkan sheet mask di wajah dengan memulai dari dahi, lalu turun ke mata, lalu ke hidung, mulut, dan dagu. Sheet mask memiliki ukuran yang sama, jadi gunakan masker dengan hati-hati. Setelah meletakkan masker di wajah, ratakan dengan lembut setiap tonjolan atau kerutan dengan gerakan ke luar.

4. Tunggu 20 Menit Sebelum Melepaskan Sheet Mask

Ini adalah bagian yang menyenangkan. Kamu bisa bersantai, tidak masalah apa yang kamu lakukan selama ini, pastikan untuk tidak memindahkan sheet mask. Membaca buku, menonton acara TV, bermeditasi, atau berendam sebentar di bak mandi. Apa pun yang membantu kamu rileks, lakukanlah.

Pastikan untuk melepas masker lembar saat masih lembab. Kamu mungkin tergoda untuk berpikir bahwa semakin lama membiarkan masker, semakin baik untuk kulit. Hal ini tidak benar. Jika kamu membiarkan sheet mask sampai kering, justru dapat mengiritasi kulit dan menghilangkan kelembapan. Biasanya, sekitar 20 menit adalah jumlah waktu yang tepat untuk menggunakan sheet mask.

5. Jangan Mencuci Wajah

Ini adalah kesalahpahaman umum lainnya dengan sheet mask. Setelah melepas masker, kamu akan memiliki beberapa residu yang tersisa di kulit. Jangan mencuci wajah kamu, karena ini merupakan serum kaya nutrisi dari sheet mask. Alih-alih membersihkan wajah, cukup tepuk sisa serum ke kulit. Bersikaplah lembut dan tepuk sampai kulit kamu menyerap sebagian besar kelebihan serum.

6. Oleskan Serum, Krim Mata & Pelembap

Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, selesaikan rutinitas perawatan kulit kamu. Jika mau, oleskan sedikit serum. Langkah ini tidak sepenuhnya diperlukan karena sheet mask sudah direndam dengan serum yang kuat. Kamu bisa memutuskan apakah kulit membutuhkan lebih banyak serum atau tidak.

Selain itu, kamu pasti ingin mengoleskan sedikit krim mata dan mengaplikasikan pelembap kesukaanmu. Ini akan membantu menjaga semua vitamin dan nutrisi terkunci ke dalam kulit sementara mereka mengisi kembali sel-sel kamu dan membuat kulit bercahaya.

Sheet mask adalah langkah perawatan kulit yang penting, tetapi pastikan untuk menggunakannya hanya sekali atau dua kali seminggu. Apa pun yang lebih dapat mengiritasi kulit kamu dan menyebabkan kemerahan atau berjerawat.

 

*Penulis: Sri Widyastuti

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading