Sukses

Beauty

Pahami Cara Keramas dengan Baik dan Benar agar Hasilnya Maksimal

Fimela.com, Jakarta Keramas adalah salah satu kegiatan membersihkan badan yang tidak boleh dilewatkan. Karena selain kebersihan tubuh, kebersihan rambut juga perlu dijaga. Apalagi bagi kamu Sahabat Fimela, rambut sudah menjadi mahkota penting yang wajib dijaga keindahannya.

Namun sudahkah kah kamu berkeramas dengan benar? Atau selama ini cara kamu berkeramas salah? Wah, kamu harus cermat. Sebab cara keramas yang salah bisa memicu kerusakan rambut, loh. Sebaliknya, keramas dengan baik dan benar bisa membuat rambutmu sehat dan berkilau. 

Buat kamu yang sedang bingung cara keramas yang benar atau untuk mengetahui apakah selama ini cara keramasmu sudah benar, yuk simak cara-cara di bawah ini. Berikut adalah cara keramas yang benar dikutip dari healthline.

Basahi Rambut Seluruhnya

Penting untuk benar-benar membasahi rambut sebelum mengaplikasikan sampo. Rasakan dengan jari-jarimu apakah air sudah benar-benar sampai ke setiap helai rambut atau belum. Jika rambutmu panjang dan tebal sudah pasti membutuhkan waktu yang lebih lama ketimbang rambut pendek. Rambut yang sepenuhnya basah membuat sampo dan kondisioner mudah terserap nantinya.

Gunakan Sampo Sesuai Kebutuhan Rambutmu

Memilih sampo sesuai dengan kebutuhan rambutmu akan memudahkan pemulihan kerusakan rambut sebab bahan-bahan dalam sampo memang dikhususkan untuk kondisi rambutmu. Biasanya kamu sendiri mudah mengetahui permasalahan apa yang tengah terjadi dengan rambutmu, entah itu ketombe, rambut rontok, bercabang, atau masalah lain. Jika kamu tidak tahu dan takut memilih sampo yang salah kamu bisa menanyakannya pada penata rambutmu. Penting juga untuk diketahui, hindari sampo yang mengandung sulfat dan silikon. Bahan-bahan ini biasanya yang membuat busa sampo terlihat berlimpah dan membuat rambut terasa bersih. Namun bahan-bahan ini dapat menghilangkan minyak alami rambut dan membuat rambut menjadi rentan terhadap kerusakan dan terlihat kusam.

Pijat Kulit Kepala dengan Perlahan

Kulit kepala sangat rentan terhadap gesekan-gesekan atau abrasif. Jadi jangan pernah menggaruk-garuk kulit kepala dengan kuku saat berkeramas. Memang benar rasanya kotoran di rambut akan ikut luruh, namun hal tersebut berbahaya dan malah bisa menyebabkan iritasi. Lebih baik pijat perlahan dengan jari-jari tanpa kuku. 

Bilas dengan Bersih

Buat kamu yang suka buru-buru saat berkeramas perlu diperhatikan lagi, apakah memang rambutmu sudah benar-benar bersih. Membilas sampo yang ada di rambut harus benar-benar dilakukan sampai bersih sebab sisa-sisa sampo pada rambut akan menumpuk di kulit kepala. Lebih bagus lagi jika kamu menggunakan air dingin.

Pakai Kondisioner

Kesalahan yang biasa kita lakukan saat mengaplikasikan kondisioner adalah kita meratakannya di kulit kepala. Hal tersebut malah membuat kulit kepala berminyak alih-alih melembutkan rambut. Cara yang benar adalah hanya dengan diratakan di rambut bagian tengah sampai ujung rambut. Jangan biarkan kondisioner terlalu lama di rambut, perhatikan instruksi pada kemasan tentang berapa lama kondisioner tersebut harus diaplikasikan. Setelah itu bilas kembali rambut dengan air sampai benar-benar bersih tidak bersisa.

Keringkan Rambut dengan Lembut

Menggunakan handuk dengan bahan microfiber sangatlah direkomendasikan karena bahan ini terkenal lembut untuk kulit. Kamu juga bisa memanfaatkan kaos lama yang sudah tidak terpakai. Semakin kasar permukaan handuk akan meningkatkan risiko kerusakan rambut. Kamu juga harus mengeringkan rambut dengan lembut, cukup tepuk-tepuk dengan halus rambut basah dengan handuk dan jangan diplintir atau digosok-gosok dengan kasar. Hal tersebut juga akan menyebabkan kerusakan rambut.

Nah cara di atas bisa kamu terapkan saat berkeramas. Dengan keramas yang baik dan benar akan membuat rambutmu terlihat cantik dan sehat.

Penulis: Malichatus Sa’diyah 

What's On Fimela
Loading