Sukses

Beauty

7 Manfaat Hyaluronic Acid dalam Produk Skincare, Tak Hanya untuk Kulit, Berkhasiat Juga bagi Rambut

Fimela.com, Jakarta Hyaluronic Acid merupakan kandungan alami yang terdapat dalam tubuh. Dengan kemajuan teknologi saat ini, maka hyaluronic acid juga banyak diinfusi ke dalam produk skincare mulai dari masker, serum, hingga krim wajah. Lalu sebenarnya, apa sih fungsi dari hyaluronic acid secara keseluruhan? 

Secara umum, hyaluronic acid mampu menahan air pada jaringan kulit. Hal ini mampu membuat kulit terhidrasi dengan optimal, sehingga menjadikan kulit kenyal sepanjang saat. 

1. Menjaga kekenyalan kulit

Hyaluronic acid sempurna untuk menjaga kekenyalan kulit. Seiring bertambahnya usia, produksi hyaluronic acid alami pada tubuh akan mengalami penurunan. Oleh sebab itu, agar tetap terjaga, maka harus dibantu dengan mengonsumsi asam hialuronat melalui suplemen atau bisa juga dengan menggunakan skincare dengan kandungan tersebut yang dapat mengoptimalkan kinerja hyaluronic acid pada kulit. 

 

2. Melembapkan kulit

Hal lainnya yang sering kita ketahui dari manfaat dari hyaluronic acid adalah melembapkan kulit. Kemampuan hyaluronic acid untuk melembapkan kulit terbukti selama 8 minggu saat seseorang menggunakan skincare dengan kandungan tersebut selama 8 minggu. 

3. Mempercepat penyembuhan luka

Penyembuhan luka bisa terjadi lebih cepat saat menggunakan hyaluronic acid. Asam hialuronat dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka dengan cara mengendalikan tingkat peradangan. Fungsi hyaluronic acid lainnya adalah memberikan tubuh sinyal untuk membangun lebih banyak pembuluh darah di area kulit yang rusak.

Hal ini didukung beberapa penelitian yang menyatakan bahwa mengoleskan produk perawatan kulit yang mengandung asam ini pada luka, dapat membantu mengurangi ukuran luka dan rasa nyeri lebih cepat daripada plasebo. Asam hialuronat juga memiliki sifat antibakteri sehingga membantu mengurangi risiko infeksi bila dioleskan langsung ke luka terbuka.

 

4. Meningkatkan elastisitas kulit

Hyaluronic acid dipercaya mampu meningkatkan elastisitas maupun kekencangan kulit, serta mengurangi kedalaman kerutan di wajah.

Ini juga merupakan alasan dari penggunaan asam yang terkandung dalam produk skincare. 

5. Mengandung antioksidan

Hyaluronic acid juga mengandung zat antioksidan yang tinggi sehingga membantu kulit menangkal paparan zat radikal bebas yang berasal dari faktor lingkungan.

 

6. Menjaga kulit awet muda

Hyaluronic acid juga bisa membantu kulit agar tetap awet muda. Mengingat kulit kehilangan kelembapan alaminya yang bisa menimbulkan kulit mengalami penuaan. Maka dengan penggunaan ekstra melalui skincare, kamu bisa mencegah terjadinya penuaan di kulit. 

7. Menjaga kelembapan rambut

Penggunaan hyaluronic acid juga bisa mengoptimalkan kelembapan rambut. Cara pakainya sangat mudah, cukup oleskan serum pada rambut yang lembap. Hasilnya, rambut akan lebih berkilau, kuat, dan juga lembap. 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading