Sukses

Beauty

6 Cara Efektif Mengurangi Mata Sembab, Mudah Dilakukan di Rumah

Fimela.com, Jakarta Terkadang sangat sulit untuk menyembunyikan mata sembab sehabis menangis. Bagaimanapun, menangis  adalah respons alami terhadap berbagai emosi, mulai dari merasakan kesedihan hingga bahagia.

Dikutip dari Harvard Health Publishing, penting untuk membiarkan diri jika ingin menangis, karena dengan menangis dapat melepas semua beban dan emosi di dalam pikiran, sehingga membuat kita menjadi lebih tenang dan rileks. Saat menangis, cairan menggenang di area bawah mata, sehingga inilah sebabnya mengapa menangis dalam waktu lama menyebabkan mata bengkak atau sembab.

Simak lebih lanjut beberapa cara untuk meredakan mata sembab yang praktis dan mudah, bisa dilakukan dari rumah.

Kompres dengan air dingin

Mendinginkan area mata dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan dengan mengurangi aliran darah. Caranya sangat mudah, hanya meletakkan kantong atau kain bersih dan celupkan ke dalam air dingin, lalu letakkan di atas mata tertutup selama beberapa menit.

Kafein

Kafein merupakan vasokonstriktor, artinya menyempitkan pembuluh darah. Banyak produk perawatan wajah yang menjual krim mata dengan kafein untuk mengurangi bengkak di bawah mata. Mudahnya, dapat mencoba meletakkan kantong teh dingin (teh hitam berkafein) di atas mata tertutup.

Sendok dingin

Salah satu paling favorit untuk mengatasi mata sembab dan bengkak, cukup menggunakan alat makan, yaitu sendok. Tinggalkan dua sendok teh bersih di dalam freezer, dan lalu keluarkan pada pagi hari. Caranya sangat mudah, basahkan sendok sebelum mengoleskannya, lalu tekankan bagian bawah sendok ke mata selama beberapa menit. Cara ini akan membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan di area tersebut. 

Gunakan eye roller

Cara menggunakan eye roller ialah dengan memberikan pijatan lembut ke area mata secara perlahan dan cukup efektif jika digunakan secara teratur. Hanya saja jangan terlalu menekan atau dapat memicu lebih banyak peradangan. Perlu diingat juga bahwa sering menggosok kulit di area ini dapat mengakibatkan perubahan warna dan kerutan.

Tetap terhidrasi

Cara ini mungkin tidak terlalu cepat terlihat hasilnya dibanding cara yang lainnya, namun patut dilakukan karena tidak hanya untuk mengatasi mata sembab, tetapi juga untuk menjaga kesehatan tubuh. Air dapat mengurangi jumlah garam di sekitar mata sehingga mengurangi mata bengkak. Idealnya mengonsumsi 8 gelas atau 2 liter air mineral perharinya.

Tidur yang cukup

Sangat disarankan untuk tidur 7 hingga 10 jam per malam untuk membantu mengendalikan mata bengkak. Jika sering begadang dan kurang tidur, maka akan membuat mata bengkak semakin parah. Tips tambahan yaitu dengan tidur dalam posisi yang lebih tinggi. Cobalah menambahkan bantal untuk membantu mengangkat kepala lebih tinggi, sehingga cairan di dalam kepala mengalir lebih mudah di malam hari.

 

*Penulis: Balqis Dhia.

 

 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading