Sukses

Beauty

3 Cara Merawat Wajah Berjerawat dengan Alami

Fimela.com, Jakarta Wajah berjerawat harus dirawat dengan benar agar segera sembuh. Jerawat adalah masalah kulit yang sering dialami perempuan dan menyebabkan rasa percaya diri menurun. Jerawat bisa disebabkan karena berbagai macam hal.

Jerawat dapat muncul di area dahi, pipi, dan hidung. Karena area tersebut memproduksi minyak secara berlebih. Namun, tumbuhnya jerawat juga bisa dialami di area rahang, leher, atau punggung.

Cara merawat wajah berjerawat bisa dilakukan dengan alami. Lakukan cara ini dengan konsisten untuk mendapatkan hasil yang optimal. Berikut cara merawat wajah berjerawat dengan alami:

Penyebab Wajah Berjerawat

1. Perubahan Hormon

Penyebab wajah berjerawat sering terjadi akibat seorang perempuan mengalami perubahan hormon pada saat haid, masa kehamilan dan menjelang menopause. Saat hormon tidak seimbang, maka kulit menjadi lebih berminyak dan memicu tumbuhnya jerawat. Perubahan hormon ini juga bisa dialami saat seseorang memasuki usia remaja.

2. Mengonsumsi Makan Tidak Sehat

Mengonsumsi makanan yang tidak sehat, bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat di kulit wajah. Karena makanan tidak sehat memicu produksi minyak berlebih di wajah. Sehingga minyak tersebut bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan peradangan pada jerawat.

 3. Tidak Cocok dengan Skincare

Skincare adalah produk perawatan kulit yang bisa membantu menyembuhkan jerawat. Tetapi ada beberapa produk skincare yang tidak cocok digunakan untuk kulit jerawat. Untuk mengatasi tumbunya jerawat, sebaiknya gunakan skincare yang mengandung AHA, BHA, retinol, niacinamide, tea tree oil, centella asiatica dan benzoil peroksida.

Cara Merawat Wajah Berjerawat

1. Masker Pisang

Pisang adalah buah yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Pisang memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Pisang bisa dijadikan masker untuk merawat wajah yang berjerawat. Haluskan pisang dengan air perasan lemon dan madu. Kemudian aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas hingga bersih dan ulang seminggu 3 kali saja.

2. Masker Stroberi

Buah stroberi diperkaya dengan kandungan vitamin C dan asam salisilat yang baik untuk mengatasi jerawat. Masker stroberi terbuat dari campuran buah stroberi yang yang dihaluskan dengan yogurt, madu dan air perasan lemon. Masker ini dapat diaplikasikan ke seluruh wajah berjerawat, diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih dengan air hangat.

3. Masker Oatmeal dan Bawang Putih

Masker oatmeal dan bawang putih dapat mengeringkan jerawat dengan cepat. Karena kedua bahan alami ini memiliki kandungan yang bersifat sebagai antiinflamasi. Haluskan oatmeal dan bawang putih, campurkan madu dan aduk sampai menjadi pasta. Oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit. Lalu bilas dan ulangi penggunaan seminggu 2 kali.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading