Sukses

Beauty

5 Cara Mengatasi Rambut Rontok secara Tepat

Fimela.com, Jakarta Memiliki rambut sehat tentu merupakan impian semua perempuan. Sebaliknya rambut yang sering rontok seperti sebuah mimpi buruk yang sangat dihindari. Alopecia atau dikenal juga sebagai kerontokan rambut adalah hilangnya rambut dari bagian kepala atau tubuh. Tingkat keparahan seseorang yang mengalami kerontokan dapat bervariasi mulai dari area kecil sampai besar. 

Jika dibiarkan kerontokan rambut dapat menyebabkan kebotakan. Terdapat banyak cara untuk mengatasi rambut rontok, dilansir dari medicalnewstoday dan healthessentials (11/7) berikut ini 5 cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi rambut rontok

Pakai minyak esensial

Mengoleskan minyak esensial ke kulit kepala dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Minyak biji labu yang dioleskan ke kulit kepala selama 3 bulan secara signifikan meningkatkan kembali pertumbuhan rambut pada orang yang sudah mengalami kebotakan. Kamu dapat mencoba varian minyak seperti minyak jojoba, minyak peppermint, minyak pohon teh atau minyak lavender untuk membantu memulihkan rambut dari kerontokan.

Menjaga rambut dan kulit kepala

Sebaiknya kurangi penggunaan seperti alat pemanas, pewarna rambut, dan juga pemutihan. Menguncir rambut seperti kuncir kuda yang terlalu keras juga dapat mempengaruhi rambut, begitu juga dengan kepang. Rawatlah kesehatan kulit kepala kamu dengan mencuci rambut secara teratur. Dikutip dari Dr. Bergfeld “peradangan apapun yang terjadi pada kulit kepala akan mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut”

Gunakan minyak kelapa

Studi tahun 2018 yang dilakukan Taylor C. Wallace menemukan bahwa minyak kelapa dapat membantu mencegah kerontokan rambut akibat paparan sinar ultraviolet atau kebiasaan perawatan. Mengoleskan minyak kelapa pada kulit kelapa dapat memperkuat rambut dan menghindari kerontokan rambut.

Makan protein extra

Kekurangan asupan protein dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut terutama jika kamu seorang vegan atau vegetarian. Kamu dapat mengkonsumsi minuman protein dan tidak harus selalu memakannya dalam bentuk makanan. Cara mengetahui kebutuhan protein harian kamu bisa mengkonsumsi kacang-kacangan, telur, polong-polongan atau yogurt. 

Hindari diet ketat

Diet dapat menghilangkan nutrisi penting bagi tubuh termasuk nutrisi untuk kesehatan rambut seperti asam lemak, protein dan seng. Kerontokan rambut dapat terjadi pada orang yang kehilangan massa sel tubuh karena penurunan berat dari diet ketat yang rendah kalori. Hal ini menyebabkan kerontokan rambut sementara.

Sahabat Fimela, demikian 5 cara mengatasi rambut rontok yang dapat kamu lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading