Sukses

Beauty

Serba-Serbi Minyak Almond, Bahan Alami Ribuan Tahun untuk Kesehatan Kulit

Fimela.com, Jakarta Menjaga serta menyehatkan kulit dapat dilakukan dengan bahan alami, salah satunya adalah almond. Almond sendiri tidak hanya dikenal sebagai makanan tetapi juga bermanfaat untuk kulit. Kamu dapat menjumpai berbagai produk skincare yang menggunakan almond sebagai bahan utama. Minyak almond adalah salah satunya, minyak ini memiliki dua jenis yaitu sweet dan bitter. Sweet almond oil menjadi pilihan yang baik untuk kulit dibandingkan dengan versi bitter. Sweet almond oil sendiri memiliki berbagai manfaat contohnya anti inflamasi.

Meskipun begitu, penggunaan minyak almond juga tidak luput dari alergi. Maka dari itu sebelum menggunakan minyak almond, sebaiknya kamu melakukan tes kecil sebelum benar-benar menggunakannya. Melalui tes tersebut kamu dapat melihat bagaimana kondisi kulitmu, apakah akan iritasi atau tidak. 

Fakta menarik ternyata minyak almond ini sudah digunakan sejak zaman Cina dan India Kuno. Masyarakat Cina dan India Kuno sudah menggunakan minyak oil untuk melembutkan dan menutrisi kulitnya. Tidak hanya itu, minyak almond ini juga digunakan untuk mengobati luka maupun goresan, sehingga wajar sekali hingga saat ini minyak almond sering dijumpai pada produk kosmetik maupun kecantikan. Bagaimana menggunakan minyak almond untuk menjaga kesehatan kulit? Informasi dari Healthline ini akan menjelaskan manfaat serta cara menggunakan minyak almond untuk kesehatan kulit, berikut pemaparannya. 

 

Apa saja nutrisi yang terkandung dalam minyak almond?

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa minyak almond terdiri atas dua jenis yaitu sweet dan bitter. Sweet almond oil lebih cocok untuk kulit karena memiliki kandungan antara lain:

  • Vitamin A: Vitamin A menjadi salah satu vitamin yang baik untuk kulit dan dapat dijumpai pada minyak almond. Kandungan vitamin A pada almond memberikan stimulasi pada sel-sel kulit serta menghaluskan sebagian kerutan pada kulit.
  • Vitamin E: Vitamin E  juga dapat dijumpai pada minyak almond, seperti yang sudah diketahui bahwa vitamin E kaya akan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel serta membantu mengurangi dampak dari sinar ultraviolet (UV) yang dapat merusak kulit. 
  • Lemak omega-3: Mendengar kata omega-3 pasti langsung terbesit ikan. Ternyata lemak yang satu ini dapat dijumpai pada minyak almond, lemak omega-3 dapat mencegah penuaan serta melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari seperti UVA dan UVB. 
  • Zinc: Terakhir ada kandungan zinc yang baik untuk menyembuhkan bekas-bekas luka maupun bekas jerawat pada kulit wajah. Namun, penyerapan zinc sendiri lebih efektif dilakukan melalui konsumsi makanan maupun minuman yang mengandung zinc itu sendiri ya. 

 

 

 

Apa saja manfaat minyak almond untuk kulit wajah?

Meskipun adanya berbagai penelitian yang menunjukkan berbagai manfaat mengonsumsi kacang almond dari berbagai sumber, bukti-bukti penelitian penggunaan minyak almond untuk kulit masihlah sangat sedikit. Namun tidak perlu khawatir juga karena berdasarkan dari berbagai penelitian klinis dan anecdotal evidence, menggunakan minyak almond pada kulit memiliki berbagai manfaat seperti: 

  • Mengurangi kerutan serta kantong mata pada area bawah mata dan sekitar wajah: Minyak almond ini mempunyai kandungan anti inflamasi yang tentunya dapat mengurangi kerutan serta kantong mata khususnya pada area sekitaran wajah dan mata. 
  • Membuat kulit dan warna kulit wajah menjadi lebih alami:  Karena zat emollient yang memiliki manfaat sebagai pelembab, minyak oil memiliki potensi untuk membuat kulit dan warna kulit terlihat lebih alami. 
  • Mengatasi kulit  wajah kering: Minyak almond sudah dipercaya untuk mengatasi kulit kering termasuk kulit kering untuk penderita eczema dan psoriasis.
  • Mengatasi jerawat: Lemak yang terkandung pada minyak almond dapat menyatu pada kulit, serta kandungan retonoid pada kulit dapat mengurangi jerawat dan meningkatkan pergantian sel-sel kulit mati menjadi sel-sel kulit yang baru. 
  • Mengurangi bekas luka atau stretch mark pada wajah : Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2016, minyak almond dipercaya untuk mencegah dan mengurangi stretch mark, bahkan penggunaannya juga efektif untuk kulit. 

 

Apakah aman untuk menggunakan minyak almond pada kulit?

Secara umum minyak almond termasuk sebagai bahan yang aman untuk digunakan pada kulit. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti apabila pengguna memiliki riwayat alergi kacang-kacangan, sebaiknya hindari penggunaan minyak almond pada kulit sebab akan memunculkan reaksi alergi. Dan jika kamu juga belum pernah menggunakan minyak almond sebelumnya, sebaiknya lakukan juga tes kecil untuk melihat bagaimana kulit bereaksi. Jika tidak ada tanda-tanda kemerahan, nyeri, terbakar, maupun pembengkakan pada kulit setelah beberapa jam, berarti minyak almond aman untuk digunakan. 

Bagaimana cara menggunakan minyak almond untuk kulit wajah?

Terdapat berbagai cara untuk menggunakan minyak almond pada kulit wajah. Sebagian orang sering menggunakan minyak almond sebagai makeup remover, faktanya juga minyak almond menjadi bahan yang sering digunakan untuk produk remover. Tidak hanya sebagai makeup remover, minyak almond juga sering digunakan sembagai cleanser dan moisturizer. Berikut cara-cara penggunaannya. 

 

1) Sebagai makeup remover

Kamu dapat menuangkan sedikit (kira-kira seukuran permen M&M) pada telapak tangan, kemudian gunakan jari untuk mengaplikasikan pada area yang ingin dibersihkan makeupnya. Setelah itu gunakan kapas bulat atau air hangat untuk mengangkat makeup dan dilanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan cleanser

2) Sebagai oil cleanser 

Minyak almond dikenal sebagai carrier oil, artinya minyak almond memiliki kemampuan untuk membawa essential oil secara mendalam untuk nutrisi kulit. Kamu dapat mencampurkan minyak almond dengan minyak esensial yang memiliki manfaat untuk kulit, berbagai pilihan seperti lavender, mawar, geranium bisa kamu gunakan. Campurkan secara merata lalu aplikasikan pada kulit dan cuci bersih dengan air hangat. Karena berfungsi sebagai cleanser, kamu perlu untuk membersihkan kotoran setidaknya dua kali sehari. 

3) Sebagai moisturizer 

Kamu dapat menggunakan minyak almond sebagai pelembab kulit. Caranya kamu tinggal bersihkan dan keringkan kulit seperti biasa kemudian tuang sedikit minyak almond pada telapak tangan dan aplikasikan secara gentle pada kulit dan biarkan meresap. Karena digunakan sebagai pelembab kamu tidak perlu untuk mencuci wajah dengan air. 

Kesimpulannya, minyak almond telah digunakan sejak ribuan tahun untuk menutrisi, melembutkan, serta memperbaiki kulit. Karena memiliki kemampuan sebagai anti-inflamasi serta kandungan emollient yang memiliki berbagai nutrisi yang baik, minyak almond sering menjadi bahan produk skincare hingga saat ini. Jangan lupa untuk mengecek apakah kamu punya alergi dengan minyak almond dengan melakukan serangkaian tes atau juga bisa berkonsultasi ke dermatologis. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Timeless 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading