Sukses

Beauty

Ketahui 5 Penyebab Rambut Kering yang Jarang Disadari Beserta Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Rambut adalah sebuah mahkota yang sangat penting dijaga kesehatannya, agar tampak cantik, mudah di atur, tidak terlihat kusam, terhindar dari kerusakan, dan sebagai penunjang penampilan. 

Jika rambut menjadi sangat kering, maka akan sangat mengganggu penampilan, terlihat sangat kusut dan susah untuk diatur. Bahkan rambut kering ini bisa menyebabkan rambut patah dan bercabang. 

Untuk mengatasi masalah rambut kering ini, Sahabat Fimela harus menghindari faktor penyebab rambut kering, dan rutin melakukan perawatan rambut. 

Untuk lebih jelasnya, berikut Fimela.com akan mengulas 5 penyebab rambut kering beserta cara mengatasinya. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Penyebab Rambut Kering yang Jarang Disadari

1. Efek Kondisi Lingkungan

Kondisi lingkungan yang ekstrem, seperti terlalu panas, terlalu dingin, atau terlalu berangin bisa menyebabkan rambut terasa kering. Terutama ketika hari sangat panas, matahari bisa membakar rambut dan membuatnya sangat kering. Bahayanya, kekeringan bisa menyebabkan rambut patah.

2. Terkontaminasi Bahan Kimia

Bahan kimia dalam produk perawatan rambut juga bisa menyebabkan rambut kering. Lebih baik hindari menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia keras. Gunakan produk yang mayoritas berbahan dasar alami.

3. Efek Panas Alat Elektronik

Terlalu sering mengeringkan rambut dengan hair dryer atau menggunakan alat listrik lain seperti catok atau pengeriting rambut bisa mengakibatkan rambut kehilangan kelembapannya. Panas dari catok, pengeriting, atau hair dryer bisa menyerap kelembapan rambut.

4. Berenang

Berenang atau mandi di pemandian umum dan spa dengan air yang mengandung klorin juga bisa menyebabkan rambut kering.

5. Anoreksia

Anoreksia juga bisa menyebabkan rambut kering. Hal ini karena tubuh kekurangan vitamin, mineral, dan nutrisi penting, termasuk rambut. Tak mendapat cukup nutrisi membuat rambut menjadi semakin kering.

Cara Mengatasi Rambut Kering

Cara Mengatasi Rambut Kering dan mengembang harus memperhatikan perawatan yang tepat. Menemukan sampo dan kondisioner yang tepat serta menggunakan bahan-bahan perawatan rambut yang alami, seperti minyak kelapa dan minyak zaitun bisa membuat rambut menjadi lebih lembap dan mudah diatur. Berikut beberapa cara untuk mengatasi rambut kering: 

Jangan Terlalu Sering Mencuci Rambut

Salah satu cara mengatasi rambut kering dan mengembang adalah dengan menghindari mencuci rambut terlalu sering. Kebiasaan mencuci rambut setiap hari pada orang-orang yang memiliki rambut kering dan mengembang malah membuat masalah tersebut semakin parah. Bahkan bisa merusak rambut.

Kamu sebaiknya mencuci rambut 1-2 kali dalam seminggu, atau mencucinya saat rambut sudah terasa kotor.

Menggunakan Bahan Alami

Kamu juga bisa mengoleskan minyak dari bahan alami sebagai cara mengatasi rambut kering dan mengembang. Salah satu minyak alami yang bisa mempertahankan kelembapan rambut, serta melembutkan dan memperkuat rambut hingga ke akarnya adalah minyak zaitun.

Selain minyak zaitun, kamu juga dapat memanfaatkan minyak kelapa sebagai cara mengatasi rambut kering dan mengembang. Minyak kelapa diyakini dapat melembapkan rambut sekaligus melindunginya dari kerusakan.

Gunakan Sampo Berbahan Ringan

Cara mengatasi rambut kering dan mengembang memang terkait dengan perawatannya. Oleh karena itu, memilih sampo berbahan ringan wajib dilakukan. Gunakan sampo berbahan ringan yang dibuat khusus untuk mengatasi rambut kering dan mengembang.

Gunakan Kondisioner

Selain pemilihan sampo, kamu juga perlu melengkapinya dengan menggunakan kondisioner setekah keramas. Menggunakan kondisioner setelah membersihkan rambut dengan sampo dapat membuat kultikula rambut tetap sehat dan menjaga kadar minyak alami di rambut. Selain itu, kondisioner juga dapat membuat rambut menjadi lembap dan lebih sehat.

Batasi Penggunaan Alat Styling Rambut

Cara mencegah rambut kering dan mengembang selanjutnya adalah membatasi penggunaan alat styling rambut. Penggunaan alat-alat seperti pengering rambut, catokan, dan pengeriting yang memberikan panas ke rambut dapat merusak rambut jika terlalu sering dipakai.

Menggunakan Topi saat Keluar Rumah

Menggunakan topi saat keluar rumah juga perlu dilakukan sebagai cara mengatasi rambut kering dan mengembang. Hal ini untuk melindungi rambut dari panas dan paparan sinar matahari terlalu lama. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan penutup kepala saat mandi atau ketika berenang di kolam renang atau laut. Hal ini untuk melindungi rambut dari klorin dan air garam.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading