Sukses

Beauty

7 Resep Alami untuk Menghilangkan Bau Kaki, Mudah, dan Sehat

Fimela.com, Jakarta Bau kaki adalah salah satu hal yang paling memalukan dan kita semua pernah mengalami situasi ini. Bau kaki pada dasarnya disebabkan oleh bakteri dan keringat. Bukan keringatnya yang berbau, tetapi bakteri yang berkembang biak dengan cepat di area yang lembab. Keringat sebenarnya tidak berbau, kecuali jika dikeluarkan dari kelenjar di ketiak dan area genital.

Cara menghilangkan bau kaki dengan bahan alami bisa menjadi solusi yang baik. Bahan alami dipilih karena lebih aman dan dapat mengurangi risiko iritasi. Selain itu, bahan alami cenderung lebih ekonomis dibandingkan produk anti keringat yang dijual di pasaran. Tidak heran, jika cara menghilangkan bau kaki dengan bahan alami dianggap sebagai opsi yang dapat diandalkan. Yuk, simak beberapa resep alami yang bisa membantu menghilangkan bau kaki, dijamin sehat dan mudah!

Kopi

Kopi memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau kaki. Kandungan asam dalam kopi juga dapat membantu menetralisir bau kaki. Kopi juga dikenal dengan sifat eksfoliasi yang mampu untuk merontokkan sel-sel kotor dan mati yang ada pada kaki. Selain itu, Kopi mengandung kafein yang dapat membantu menghilangkan rasa lelah pada kaki.

Cara menggunakannya:

1. Rendam kaki dalam kopi

Siapkan secangkir kopi bubuk dan air hangat. Rendam kaki Anda dalam campuran kopi selama 15-20 menit.

2. Gosok kaki dengan kopi

Campurkan kopi bubuk dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Gosok kaki dengan pasta kopi selama beberapa menit.

Teh Hitam

Teh hitam mengandung asam tanat yang dapat membantu membunuh bakteri dan mengurangi keringat. Kandungan asam tanat dalam teh hitam juga dapat membantu menetralisir bau kaki. Selain itu, teh hitam juga mempunyai kandungan kafein yang bisa memulihan kaki dari lelah.

Cara menggunakannya:

  1. Rebus dua kantong teh dalam air selama 15 menit. 
  2. Angkat kantung teh dan campurkan air teh dengan air lagi. 
  3. Diamkan campuran tersebut selama beberapa saat, lalu rendam kaki selama 15-30 menit.

Baking Soda

Baking soda bersifat basa, sehingga dapat membantu menetralisir asam di kaki yang dihasilkan oleh keringat. Asam ini merupakan salah satu penyebab utama bau kaki. Baking soda dapat membantu menyerap keringat dan menetralkan bau kaki. 

Cara menggunakannya:

1. Rendam kaki dalam baking soda

Campurkan 3-4 sendok makan baking soda ke dalam baskom berisi air hangat. Rendam kaki Anda selama 15-20 menit.

2. Buat pasta baking soda

Campurkan baking soda dengan air secukupnya hingga membentuk pasta. Oleskan pasta baking soda ke kaki dan gosok perlahan. Bilas dengan air hangat.

3. Taburkan baking soda di sepatu

Taburkan baking soda di sepatu sebelum dipakai. Baking soda akan membantu menyerap bau dan menjaga sepatu tetap segar.

Cuka

Cairan hasil fermentasi ini sangat baik untuk menghilangkan bau kaki. Cuka memiliki sifat asam yang dapat membantu menetralisir pH tinggi pada kaki. Kaki yang memiliki pH tinggi lebih rentan terhadap pertumbuhan bakteri penyebab bau kaki. Cuka mengandung asam asetat, asam laktat, dan asam sitrat. Asam asetat dan asam laktat memiliki sifat antibakteri, sedangkan asam sitrat membantu menghilangkan sel kulit mati.

Cara menggunakannya:

1. Rendam kaki dalam cuka

Campurkan 1/2 cangkir cuka putih dengan 1/2 cangkir air hangat. Rendam kaki selama 15-20 menit.

2. Gunakan kompres cuka

Celupkan kain bersih ke dalam cuka putih dan tempelkan pada kaki selama 15-20 menit.

3. Semprotkan cuka ke kaki

Campurkan cuka putih dengan air dengan perbandingan 1:1. Semprotkan campuran cuka ke kaki setelah mandi.

Air Cucian Beras

Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan bau kaki secara permanen adalah dengan merendam kaki dalam air beras. Air cucian beras memiliki sifat asam yang dapat membantu menetralisir pH kaki yang tinggi. Kaki yang memiliki pH tinggi lebih mudah ditumbuhi bakteri penyebab bau kaki. Tidak hanya itu, air cucian beras diperkaya vitamuin B yang bantu mencerahkan kulit kaki.

Cara menggunakannya:

  1. Masukkan beras ke dalam air selama setengah jam lalu tiriskan untuk mendapatkan ekstrak beras. 
  2. Rendam kaki di dalam air selama 10-15 menit. 
  3. Ulangi dua kali setiap minggu.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki sifat antibakteri dan astringen yang dapat membantu membunuh bakteri dan mengurangi keringat. Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang memiliki sifat antibakteri dan dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau kaki.

Cara menggunakannya:

1. Gosok kaki dengan jeruk nipis

Potong jeruk nipis menjadi dua bagian dan gosokkan ke kaki selama beberapa menit.

2. Rendam kaki dalam air jeruk nipis

Campurkan air perasan jeruk nipis dengan air hangat dan rendam kaki selama 15-20 menit.

Minyak Lavender

Aroma minyak lavender tidak hanya menenangkan tapi juga membunuh bakteri penyebab bau kaki. Minyak lavender mengandung linalool dan terpinen-4-ol yang memiliki sifat antibakteri dan dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau kaki. Minyak lavender memiliki aroma yang menenangkan dan dapat membantu merilekskan kaki yang lelah.

Cara menggunakannya:

Taruh beberapa tetes minyak lavender pada kaki dan pijat dengan benar sebelum tidur.

Jangan lupa untuk rajin membersihkan kaki sehabis dari tempat yang kotor, Dan selalu jaga sepatu atau alas kaki agar tetap kering. Selamat mencoba resepnya, Sahabat Fimela!

 

Penulis: Patricia Angelique E.L

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading