Sukses

Entertainment

Makna Kawin Gantung yang Dilakukan Ricky Harun di Get Married 5

Fimela.com, Jakarta Film 99% Muhrim Get Married 5 akan segera tayang 30 Juli 2015. Selain kisah cinta Rendy dan Mae, kali ini akan disuguhkan kicah cinta Jali (Ricky Harun) dan Sofie (Anggika Bolsterli). Jali dan Sofie dikisahkan menjalani kawin gantung.

Nampaknya kawin gantung akan menjadi cerita utama di sekuel kelima ini. Dalam trailer, Sofie meminta Jali untuk berhenti menulis komentar sayang berlebihan di dunia maya karena mereka baru kawin gantung. Kawin gantung tersebut membuat status mereka baru 99% muhrim.

Ricky Harun tak suka makan ikan

Lalu apa yang dimaksud dengan kawin gantung? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kawin Gantung adalahperkawinan yang sudah sah, tetapi suami dan istri belum boleh serumah (masih tinggal di rumah masing-masing); perkawinan yang belum diresmikan penuh (pengesahannya ditunda setelah dewasa).

Baca Juga: Wawancara Produser, ‘99% Muhrim Get Married 5’ Tak Pilih Lebaran

Mengacu pada rumah fiqih Indonesia, dalam fiqih tidak mengenal istilah kawin gantung. Jika sudah menikah maka sudah menjadi muhrim. Urusan 'dalam negeri' pasangan menikahan menjadi urusan pribadi masing-masing.

Get Married 5 (via Instagram)

Dalam budaya Arab, kawin gantung dilakukan untuk menikahkan anak-anak mereka sewaktu masih kecil. Istilah kawin gantung digunakan karena hubungan suami istri antara dua anak kecil itu nanti akan 'digantung'. Maksudnya, begitu mereka baligh, dewasa dan cukup umur, hubungan suami istri ini akan digantungkan kepada mereka, dalam arti diserahkan kepada mereka. Biar mereka yang memutuskan, apakah akan meneruskan pernikahan dini itu, atau mereka mau berpisah saja.

Setelah mengenal istilah kawin gantung, rasa penasaran terhadap cerita 99% Muhrim Get Married 5. Akting Ricky Harun nampak segar di trailer film ini. Apalagi dengan perubahan Sofie dari gadis modis menjadi agamis juga membuat penasaran.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading