Sukses

Entertainment

Eksklusif, Revaldo Gapai Masa Depan Baru

Fimela.com, Jakarta Bintang sinetron Revaldo pernah terjerembab dalam lembah narkoba. Tak tanggung-tanggung sampai dua kali ia masuk bui karena kasus yang sama; narkoba. Kini setelah bebas dari tahanan, ia sudah bertekad untuk tidak melakukan kesalahan konyol yang  sudah  ia lakukan. Aldo –begitu ia biasa disapa-- kembali menata kariernya di dunia entertainmen dan merintis jalan untuk berumahtangga. Ia bersiap menggapai masa depan baru yang penuh harapan.

***

Kemunculan pemuda yang memiliki nama asli Fifaldi Surya Permana ini dalam sebuah pesta yang digelar oleh Headline Management akhir pekan lalu terbilang mengejutkan. Saat itu wartawan baru mengetahui kalau  ia sudah bebas dari tahanan untuk hukuman kali kedua  masuk penjara karena narkoba. Padahal, ia sudah bebas sejak Februari 2015 silam.

Sudah beberapa bulan Anda bebas, kok baru muncul akhir pekan lalu, ke mana saja Anda selama ini? “Saya butuh waktu untuk menyiapkan mental untuk berhadapan dengan publik dan dunia entertainmen tempat saya berkarya selama ini. Soalnya, imej orang, para terpidana narkoba itu berbeda dengan terpidana kasus lain.  Ini soal kepercayaan publik. Makanya saya belum  berani muncul ketika belum pede alias percaya diri. Setelah saya mengumpulkan keberanian dan yakin, saya  baru muncul,” ujar Aldo yang menjadi pemeran utama sinetron Ada Apa dengan Cinta (AADC)  ini.

Baca juga: Revaldo 'Diam-diam' Bebas dari Penjara

 Revaldo. (Fotografer: Nurwahyunan, Digital Imaging: Denty Ebtaviani/Bintang.com)

Aldo yang terlahir di Yogyakarta pada 18 Juni 1982 ini  belajar banyak dari kesalahan yang sudah ia lakukan. Ke depan ia akan berhati-hati sekali agar tidak kembali terjerembab dalam lubang yang sama. “Masuk dua kali di karena kasus narkoba membuat saya benar-benar sadar. Akibat dari kesalahan itu saya harus membayar mahal. Karier saya di dunia entertainmen hancur  berantakan. Kini saya harus mulai karier saya lagi di dunia entertainmen dari nol,” ungkap Aldo.

Beruntung masih ada orang yang bersimpati dan memberikan kepercayaan. Beberapa pihak mulai menawarinya untuk casting sinetron dan film layar lebar. “Buat saya casting lagi tidak  masalah, saya sudah  terbiasa  bekerja keras di dunia entertainmen. Mudah-mudahan saya bisa kembali menata karier saya di dunia akting. Perjuangan saya berat bahkan lebih berat dari dahulu saat pertama kali terjun di dunia akting,” akunya.

Baca juga: Kilas Balik Perjalanan Karier 'Rangga' Revaldo

 Revaldo. (Fotografer: Nurwahyunan, Digital Imaging: Denty Ebtaviani/Bintang.com)

Dalam waktu dekat ia akan muncul di salah satu event mode bergensi yang bertajuk Jakarta Fashion Week. Salah seorang desainer sudah menghubunginya untuk tampil perdana setelah bebas dari penjara di event itu. Aldo kini tengah menyiapkan diri dan mental untuk penampilan perdana itu. Ia tidak mau mengecewakan semua pihak.

Satu hal yang membuat pemeran  Bono dalam film 30 Hari Mencari Cinta ini  begitu bersemangat, karena  Februari 2016 ia akan menikahi seorang gadis bernama Indah. Ia yang sudah setia menemani dan menyemangatinya selama ini menjalani hukuman di tahanan. “Insya Allah kalau tidak ada halangan Februari 2016 saya akan menikah dengan dia (Indah). Doain ya semoga persiapan lancar, dan semuanya berjalan sesuai rencana,”  ujar Revaldo kepada Edy Suherli, Hasan Mukti Iskandar dan Nurwahyunan dari Bintang.com saat melakoni sesi wawancara dan pemotretan khusus di Urban Kitchen, Senayan City, Jakarta Pusat, Rabu (30/9/2015). Inilah petikan selengkapnya.  

 

Pelajaran Berharga dari Balik Jeruji

Revaldo banyak memetik pelajaran dari kasus narkoba yang menderanya. Dua kali ia harus masuk tahanan karena dalam persidangan ia terbukti bersalah menggunakan barang haram itu. Selama menjalani hukuman  di tahanan ia banyak belajar. Aldo melakoni hari-hari di tahanan dengan  sabar sampai akhirnya ia bebas sebelum masa hukuman berakhir karena mendapat remisi.

Seperti apa Anda memaknai perjalanan hidup yang harus masuk bui sampai dua kali?

Ini benar-benar kesalahan konyol yang pernah saya lakukan dalam hidup. Di saat popularitas sedang tinggi, penghasilan ada saya terlena. Awalnya coba-coba, eh lama-lama ketagihan dan ketergantungan. Kelakuan saya kemudian ketahuan dan  ditangkap polisi.

Anda kok bisa sampai dua kali terjerembab di dalam lubang yang sama?

Setelah bebas dari kasus narkoba yang pertama saya terlalu percaya diri. Saya yakin banget bisa menjalani hidup dengan baik setelah bebas. Eh ternyata saya tidak bisa. Akhirnya, kembali lagi bersentuhan dengan barang haram itu dan ditangkap lagi untuk kedua kalinya. Ini kan konyol banget.

Lihat juga: Keluar Penjara, Revaldo Kapok Pakai Narkoba

 Revaldo. (Fotografer: Nurwahyunan, Digital Imaging: Denty Ebtaviani/Bintang.com)

Sejak kapan Anda bebas untuk kasus narkoba yang kedua?

Saya bebas sejak Februari 2015 lalu. Namun orang baru ngeh saya bebas sekarang. Padahal, saya sudah lumayan lama bebas. Kalau ditanya mengapa baru muncul sekarang karena saya harus menyiapkan mental dulu untuk kembali berhadapan dengan masyarakat. Dan itu tidak mudah, butuh bersiapan sampai saya benar-benar pede alias percaya diri.

Pelajaran apa yang bisa dipetik selama dalam tahanan?

Banyak sekali pelajaran yang saya petik selama di tahanan. Saya memang tidak mau menggunakan uang agar bisa dapat fasilitas di dalam sana. Saya melakoni hukuman dengan sabar. Soalnya, kalau mau keluar uang, sudah enggak ada uang lagi.

 Revaldo. (Fotografer: Nurwahyunan, Digital Imaging: Denty Ebtaviani/Bintang.com)

Kabarnya Anda bisa dapat uang juga di dalam tahanan, seperti apa caranya?

Kata orang di mana ada kemauan di situ ada jalan. Pepatah itu benar banget. Saya sudah membuktikannya sendiri di selama dalam tahanan. Karena tidak cukup uang saya mengambil jasa dari meperbaiki hanphone narapidana yang rusak, memperbaiki VCD. Soalnya tidak mungkin juga mereka melakukan perbaikan di luar tahanan. Mana boleh itu. Ketahuan membawa hp saja bisa kena hukuman. Ia juga  melakukan apa saja yang bisa dijadikan uang. Ya saya dapat uang dari jasa yang saya lakukan. Lumayan kan meski di dalam tahanan masih bisa menghasilkan uang dengan keterampilan yang saya miliki.

Bagaimana suka cita keluarga Anda menyambut bebasnya Anda?

Keluarga saya senang banget. Akhirnya saya bisa kembali berkumpul dengan mereka, alhamdulillah. Harapan mereka ke depan agar saya bisa lebih baik lagi dari kemaren. Kalau bisa jangan mengulangi lagi kesalahan yang sama. 

Apa yang pertama kali Anda lalukan setelah bebas?

Saya bersyukur pada Allah SWT, akhirnya saya kembali merdeka. Kembali menghirup udara bebas.  

 

Bina Karier dan Segera Menikah

Kasus narkoba yang dialaminya telah menghancurkan karier yang sudah dirintis sebelumnya. Popularitasnya sebagai bintang sinetron anjlok sampai ke titik nadir. Kini ia sudah siap membina kembali kariernya dari nol. Karena itu casting sana-sini untuk mendapatkan peran baru sudah siap dilakoninya. Dan tak lama lagi ia akan mempersunting gadis pujaanya pada Februari 2016. 

Rencana apa yang akan Anda wujudkan setelah  bebas?

Selama ini saya meniti karier di dunia entertainmen, saya akan kembali menekuni dunia yang sudah membesarkan nama saya selama ini. Tantangan yang akan  saya hadapi berat otu sudah pasti. Karena saya sudah lama vakum. Sementara saya vakum bintang baru sudah bermuncula dan menguasai panggung hiburan Tanah Air. Sedang saya adalah barang baru, stock lama. Jadi memang harus berjuang keras untuk bisa mendapatkan lagi apa yang sudah saya raih selama ini.

Jadi Anda sudah siap untuk kembali ke dunia entertainmen?

Mau tidak mau saya harus siap. Dua kali masuk bui karena narkoba sudah cukup menjadi pelajaran yang amat berharga bagi saya. Ke depan saya akan meniti karier lagi. Kalau saya terpengaruh lagi pada narkoba artinya saya  bodoh sekali. Masa mau masa depan hancur dan rusak hanya gara-gara narkoba. Sudah cukup kehancuran  yang saya alami kemaren-kemaren. Ke depan saya harus membina karier dengan benar. Narkoba sudah masa lalu.

Baca juga : Bebas dari Penjara, Revaldo Siap Berkarya Kembali

 Revaldo. (Fotografer: Nurwahyunan, Digital Imaging: Denty Ebtaviani/Bintang.com)

Anda sekarang sudah tidak merokok?

Sekarang sudah mengurangi banget. Kalau pun masih merokok cuma rokok  elektrik yang kandungan nikotin dan tarnya bisa diatur. Ke depan kalau bisa benar-benar bebas dari rokok. Tujuannya simple saja, biar sehat.

Seberapa banyak tawaran yang datang kepada Anda sejauh ini?

Tawaran ada satu dua.

Sekarang Anda mulai sibuk road show dari satu tayangan televisi ke tayangan televisi yang lain, bagaimana membagi waktunya?

Sekarang ini belum terlalu sibuk, jadi masih bisa mengatur jadwal sendiri. Nanti kalau benar-benar sibuk manajer saya yang akan mengatur semua jadwal syuting, job, dan lain sebagainya.

Pesan apa yang ingin Anda sampaikan kepada pemirsa, pembaca dan publik pada umumnya dengan menceritakan pengalaman Anda ditahan selama ini?

Narkoba itu adalah perusak, tak ada gunanya mendekati narkoba. Mencari solusi atas persoalan yang dihadapi bukan dengan mengonsumsi narkoba. Saya dan mungkin masih banyak lagi sudah bisa dijadikan contoh, menggunakan narkoba apa akibatnya. Ya rusak. Kalau mau selamat jauhi narkoba. Yang belum pernah enggak usah coba-coba. Yang sudah kadung kecanduan, ya kurangi dan kalau bisa stop. Kalau tidak bisa sendirian ya minta bantuan orang lain. Bisa masuk panti rehabilitasi atau dibimbing oleh psikolog. Seperti saya, dibimbing oleh psikolog. 

 Revaldo. (Fotografer: Nurwahyunan, Digital Imaging: Denty Ebtaviani/Bintang.com)

Lama tidak bermain sinetron, bagaimana Anda mengatur strategi saat berhadapan dengan bintang-bintang muda?

Usia memang tidak bisa dilawan, namun pengalaman selama ini sudah bisa saya jadikan pelajaran untuk menekuni karier di dunia entertain. Kuncinya yang sungguh-sungguh dan ulet. Soal persaingan di mana pun akan ada dan bertemu dengan pesaing.  Saya yakin masa depan saya masih ada. Semoga jalan saya terbuka kembali.

Apa yang membuat Anda begitu bersemangat untuk menjemput masa depan?

Saya harus pulih dan kembali, the show must go on. Saya yakin dengan masa depan saya. Dan itu harus dijemput dengan asa dan harapan yang tinggi. Selain itu yang tak kalah pentingnya doa pada Yang Maha Kuasa.

Kabarnya anda akan menikah?

Kalau tidak ada halangan saya akan menikah pada bulan Februari tahun depan. Sekarang lagi persiapan. Minta doanya semoga lancar. 

Seperti apa support dia untuk Anda?

Dia support banget. Sejak saya masuk buih yang pertama lalu yang kedua dan sampai saat ini support dia tak pernah surut. Itu yang membuat saya yakin untuk meniti jalan hidup ini bersama dia. Seperti hari ini ia datang menemani saya melakoni sesi wawancara dan pemotretan.

Sesekali Indah Puspita Sari ikut merapikan busana Revaldo saat pemotretan berlangsung. Ia juga mengingatkan Aldo untuk jadwal selanjutnya yang akan dilakoni, wawancara di acara talkshow sebuah stasiun televisi. Usai melakukan wawancara dan pemotretan khusus dengan Bintang.com mereka bergandengan tangan menuju jadwal selanjutnya. Aldo benar-benar bersemangat menggapai masa depannya yang baru.  

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading