Sukses

Entertainment

Muslim Tapi 'Bersalib', Risty Tagor dan Artis-artis Ini Dihujat

Fimela.com, Jakarta Belakangan, nama Risty Tagor mendapat sorotan cukup tajam karena foto yang dipublikasikannya lewat Instagram. Dalam foto tersebut, netizen mencermati adanya tanda mirip salib pada mukena yang dikenakan Risty. Hal ini dianggap kurang pantas mengingat selama ini Risty dianggap sebagai muslimah yang menjunjung tinggi nilai agamanya.

Lambang salib sendiri adalah hal suci dalam agama Kristen. Selain memiliki kisah historikal yang luar biasa, lambang ini juga memiliki makna filosofis yang cukup dalam. Tidak heran jika lambang ini menjadi identitas penting bagi seluruh umat Nasrani. Karenanya, sebagaimana dijelaskan salah satu netizen, dalam ajaran Islam, pemeluk tidak diperkenankan menggunakan lambang atau apapun yang menjadi identitas agama lain.

Risty sendiri sudah memberikan klarifikasi bahwa renda pada mukenanya bukan berbentuk salib, namun kehebohan publik tidak mereka. Nyatanya, Risty Tagor tidak sendirian. Sebelumya, ada beberapa kasus artis yang lain yang jadi perbincangan karena menggunakan lambang ini untuk tujuan estetika. Siapa saja? Berikut ulasannya!

Risty Tagor

Risty Tagor kenakan mukena dengan renda bentuk salib? (via Instagram/ristytagor)

Baru beberapa hari lalu Risty Tagor mengunggah foto yang menunjukkan salah satu produk mukena endorse. Namun netizen yang begitu jeli langsung mengenali bentuk salib pada hiasan renda di bagian depan. Pihak yang memberikan endorse telah memberikan klarifikasi bahwa renda tersebut berbentuk 'Y', sedangkan Risty sendiri menyebutkan bahwa renda itu berbentuk 'V'. Namun publik tidak peduli dan menyarankan Risty tidak mengenakan mukena itu lagi.

Nikita Mirzani

Nikita Mirzani membuka hatinya kepada pria beristri tetapi ada syaratnya. (Galih W. Satria/Bintang.com)

Lain Risty Tagor, lain pula Nikita Mirzani. Bintang kontroversial ini sempat muncul di depan umum dengan kaos yang bagian depannya bergambar lambang salib besar. Sontak saja publik menuduhnya telah berpindah agama. Terlebih lagi, sebelumnya dia juga sempat memajang foto di mana dirinya mengenakan kalung salib. Meski demikian, Nikita memilih diam dan tidak berkomentar. 

Aurel Hermansyah

Aurel Hermansyah (via Instagram/aurelie.hermansyah)

Putri Anang Hermansyah ini pun akhirnya mendapat banjir komentar setelah mengunggah foto dirinya mengenakan sepatu. Dari kejauhan, ada lambang mirip salib yang terpampang di bagian lidah sepatu. Namun terkait hal ini, Aurel pun memilih untuk tidak berkomentar.

Dicky Smash

Dicky SM*SH (via Instagram.com)

Kehebohan karena kalung salib ternyata tak hanya menimpa Nikita Mirzani. Sebelumnya, Dicky Muhammad Prasetya, personil SM*SH juga menjadi sorotan karena mengunggah foto di mana dia mengenakan kalung salib. Netizen langsung resah dan meminta Dicky menghapus foto tersebut dari Instagram.

Al Ghazali

Al Ghazali (via Twitter.com)

Belum lama setelah foto Dicky SM*SH beredar di dunia maya, putra Ahmad Dhani, Al Ghazali juga melakukan hal yang sama. Hal ini terungkap setelah salah satu fans mengunggah foto bersama Al di akun media sosialnya. Saat itu, Al tampak mengenakan kaos Jersey dengan kalung berbandul salib. 

Ayu Ting Ting

Ayu Ting Ting siapkan mukena baru sambut Ramadhan 2015 (Instagram @ayutingting92)

Mukena salib sebenarnya sudah muncul jauh sebelum kasus Risty Tagor. Ayu Ting Ting sempat mengunggah foto lewat media sosial, di mana dia mengenakan mukena yang sama persis dengan Risty. Namun karena banyak hujatan dan tudingan miring, foto itu menghilang dari akun Ayu tak lama kemudian.

Itulah beberapa kisah selebriti Indonesia beragama islam yang menuai hujatan karena menggunakan tanda salib. Memang, sebagai public figure, Risty Tagor dan bintang-bintang tersebut rawan menjadi sorotan. Semoga hal ini bisa menjadi pelajaran bagi kita semua.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading