Sukses

Entertainment

3 Tragedi Bom di Dunia yang Diangkat ke Layar Lebar

Fimela.com, Jakarta Setiap peristiwa yang terjadi di muka bumi ini selalu menyisakan kisah yang menarik. Tak terkecuali tragedi pemboman yang mendatangkan duka bagi banyak orang. Dan kisah dari setiap tragedi besar biasanya sangat menarik perhatian para pembuat film.

Sudah banyak film yang dibuat berdasarkan tragedi yang terjadi di kehidupan nyata. Bahkan, IMDB mencatat sudah ada sekitar 38 judul film yang terinspirasi dari tragedi runtuhnya menara kembar WTC, atau yang lebih dikenal dengan Tragedi 9/11.

Ada banyak juga film yang terinspirasi dari sejumlah tragedi pemboman yang terjadi di seluruh dunia. Berikut Bintang.com rangkumkan tiga peristiwa pemboman terbesar di dunia yang diadaptasi ke layar lebar:

The Beginning of the End, film tentang Bom Hirosima Nagasaki. Foto: thevintagenews.com

1. Bom Hirosima & Nagasaki (6 & 9 Agustus 1945)

Setidaknya ada 20 judul film yang terinsiprasi dari tragedi pemboman ini. Salah satu film yang cukup terkenal adalah The Beginning or the End yang dirilis pada 7 Maret 1947. Film garapan Norman Taurog ini ditulis naskahnya oleh Robert Considine dan Frank Wead, serta dibintangi oleh Brian Donlevy, Robert Walker, Tom Drake.

Sayangnya, kebanyakan film-film yang berkaitan dengan Bom Hirosima dan Nagasaki dianggap terlalu bermuatan politik.

Peristiwa ini sendiri terjadi ketika Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki, Jepang, pada bulan Agustus 1945, tahap akhir Perang Dunia Kedua. Dua operasi pengeboman itu menewaskan sedikitnya 129.000 jiwa. Ini merupakan penggunaan senjata nuklir masa perang untuk pertama dan terakhir kalinya dalam sejarah.

Leonardo DiCaprio dan Jonah Hill berencana membuat film yang terinsiprasi dari tragedi Bom Atlanta. Foto: Time

2. Bom Atlanta (27 Juli 1996)

Tagedi pemboman yang terjadi pada Olimpiade Musim Panas di tahun 1996 ini memiliki sebuah kisah yang sangat menarik tentang seorang petugas keamanan bernama Richard Jewell. Awalnya, Jewell sempat dielu-elukan sebagai pahlawan atas aksi-aksi heroiknya saat bom meledak. Ironisnya, tiga hari kemudian namanya justru masuk dalam daftar tersangka utama peledakan. Baru pada Oktober 1996, dirinya dinyatakan tidak bersalah.

Kisah tragis dan mengharukan ini menarik perhatian dua aktor Hollywood, Leonardo DiCaprio dan Jonah Hill. Duo aktor dari film The Wolf of Wall Street tersebut dikabarkan sedang menggarap film yang diinspirasi dari kisah tersebut, dimana Jonah berperan sebagai Jewell dan Leo sebagai pengacara Jewell yang berjuang membersihkan namanya.

 Adegan film Long Road to Heaven yang berlatar tragedi Bom Bali. Foto: Youtube

3. Bom Bali 1 (12 Oktober 2002)

Tragedi pemboman yang satu ini tentunya masih lekat diingatan kita. Peristiwa yang menelan 202 korban jiwa dan 209 orang luka-luka ini disebut-sebut sebagai aksi terorisme terparah dalam sejarah Indonesia.

Peristiwa ini pun mengundang minat para sineas. Salah satunya Nia Dinata yang memproduksi sebuah film berjudul Long Road to Heaven (Indonesia: Makna di balik tragedi). Film yang dibintangi Raelee Hill, Mirrah Foulkes, Alex Komang, Surya Saputra, dan beberapa orang asing ini dirilis pada 2007 silam. Sayangnya, pemutaran film ini justru dilarang diputar di Bali karena dikhawatirkan akan membuka luka lama dari para korban tragedi Bom Bali.

What's On Fimela
Loading