Sukses

Entertainment

Tak Hanya Saipul Jamil, Artis-artis Ini Juga Terseret Isu LGBT

Fimela.com, Jakarta Saipul Jamil kini harus mendekam di tahanan karena tuduhan pelecehan seksual yang dilayangkan oleh remaja laki-laki bernisial DS. Walau pihak Saipul sempat menyangkal, namun pelapor justru membeberkan rentetan bukti yang semakin melemahkan posisi Saipul. Kini, pedangdut hanya bisa pasrah menunggu kepastian hukum untuknya.

Fakta tentang Saipul Jamil ini jelas mengejutkan banyak pihak, mengingat pria ini dikenal sangat taat beribadah. Kasus terus bergulir karena pihak melapor menolak mencabut laporannya. Saat ini, hanya dukungan keluarga dan teman dekat saja yang diharapkan sang bintang untuk menenangkannya.

Kasus yang menimpa Saipul Jamil ini seolah menguatkan keberadaan kaum LGBT (lesbian, gay, biseksual, transgender) di seluruh dunia. Mantan suami Dewi Perssik ini bukan orang pertama di Indonesia yang pernah terseret dalam isu ini, baik mereka mengakui atau tidak. Siapa saja artis Indonesia yang sempat terseret kasus ini?

Indra Bekti

Indra Bekti dan Aldila Jelita (Deki Prayoga/Bintang.com)

Nama Indra langsung mencuat pada Januari 2016 gara-gara laporan pria bernama Lalu Gigih Arsanofa. Pria ini mengaku mengalami pelecehan seksual lewat pesan-pesan cabul yang dikirimkan Indra untuknya. Indra pun langsung angkat bicara dan membantah kabar ini. Namun tak lama kemudian, malah muncul korban lain bernama Reza Pahlevi, yang juga mengaku mendapat perilaku tak pantas dari Indra. Namun kasus ini tak membuat Indra down. Dia malah melenggang penuh percaya diri karena merasa dirinya tidak bersalah.

Dena Rachman

“..semua ini proses dan prosesnya seumur hidup. Yang aku rasakan itu sejak aku kecil, bukan tiba-tiba kuliah atau lulus kuliah. Dari kecil, aku sudah merasa kalau aku ini feminim.” aku Dena Rachman. (Galih W. Satria/Bintang.com)

Renaldy Denada Rachman menjadi trending topic di dunia hiburan pada tahun 2013, karena keputusannya menjadi transgender. Setelah melalui berbagai pertimbangan matang, akhirnya mantan artis cilik ini memutuskan mengganti jenis kelamin, dan mengganti nama menjadi Dena Rachman. Meski demikian, dia tidak menjadi transgender seutuhnya. Dia memang melakukan operasi pemasangan implan payudara, namun hingga saat ini belum memutuskan untuk menghilangkan alat vital lelakinya.

Indra L Bruggman dan Bertrand Antolin

Bertrand Antolin dan Indra L Bruggman (via Bintang Pictures)

Tahun 2012, jagad hiburan diguncang berita mengejutkan tentang pernikahan Indra L Bruggman dan Bertrand Antolin. Bintang dengan jutaan fans ini dikabarkan menikah di Belanda. Sejumlah foto-foto kemesraan mereka pun beredar di dunia maya dan memperkuat isu tersebut. Marah, patah hati, tak percaya, dan berbagai perasaan pun campur aduk di hati penggemar. Namun setelahnya, baik Bertrand maupun Indra sama-sama membantah kabar tersebut. Mereka juga membeberkan sejumlah bukti bahwa foto-foto kemesraan yang beredar itu adalah hasil rekayasa.

Krisna Mukti

Krisna Mukti. Pada 20 Mei 2015 Krisna Mukti dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh mantan istrinya, Devi Nurmayanti lantaran dugaan KDRT yang dilakukannya serta pencemaran nama baik yang dilakukannya dan manajer, Astrid. (M. Akrom/Bintang.com)

Tuduhan kelainan orientasi seksual menimpa Krisna Mukti saat dia menjalani proses cerai dengan Devi Nurmayanti. Keduanya saling menyebut aib masing-masing saat proses perceraian. Jika Krisna membeberkan telah menikahi Devi dala kondisi hamil di luar nikah, sang istri mengungkapkan bahwa selama menikah dirinya tak pernah disentuh Krisna. Statement Devi ini akhirnya memunculkan dugaan bahwa Krisna adalah penyuka sesama jenis. Namun hal ini langsung dibantah oleh Krisna, yang mendapat dukungan dari sang mantan pacar.

Aming

Aming di Parade LGBT, New York (via Instagram Priscilya)

Sejak lama, memang ada isu dari haters yang mengatakan bahwa Aming adalah gay. Tidak ada bukti yang menguatkan, terlebih lagi sang bintang juga tidak pernah mengakuinya. Namun hal mengejutkan dilakukan Aming pada tahun 2015 lalu. Pria yang memang kerap tampil dengan busana unik ini muncul di perayaan LGBT di New York Juli 2015. Tindakannya ini adalah bentuk dukungan untuk kaum yang di Indonesia masih ditolak keberadaannya ini.

Ulasan ini mungkin tidak menyebutkan seluruh kasus LGBT kalangan artis, yang pernah terjadi di Indonesia. Namun apa yang dialami Saipul Jamil, Indra Bekti, dan rekan-rekan lainnya cukup mewakili fakta bahwa isu LGBT memang sudah mulai layak jadi perhatian kita. Bagaimana pendapat Anda? Pro atau kontra?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading