Sukses

Entertainment

Masuk Islam Bukan Alasan Glenn Fredly Garap Album Religi

Fimela.com, Jakarta Mungkin menjadi yang pertama ketika seorang musisi non muslim justru menjadi produser dan mengumpulkan para musisi untuk menggarap sebuah album religi Islami. Itulah yang dilakukan Glenn Fredly ketika membesut sebuah album berjudul Hidayah.

Album ini Glenn persembahkan demi menyambut puasa tahun ini. Menurutnya, project album Islami merupakan keinginannya semenjak lama. Ia mengaku ingin memecah kebuntuan bermusik yang terkotak oleh agama.

"Memproduseri dan membuat album yang sebelumnya tidak pernah terpikir. Ini ide lama yang baru sekarang terwujud. Album ini hasil obrolan dan diskusi bersama teman-teman sepergaulan," ujar Glenn Fredly di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (2/6).

Glenn Fredly bicara soal album religi (Galih W Satria/Bintang.com)

Membesut album religi ini, Glenn Fredly tak takut ketika dibilang negatif oleh masyarakat. Menurutnya kerjasama di album ini merupakan wujud pengamalan Bhinneka Tunggal Ika, bersatu dalam keberagaman.

Dan itulah yang menjadi alasan sebenarnya bagi Glenn Fredly ketika menjadi produser bagi album ini. "Saya besar dalam sebuah tradisi, gimana keberagaman itu penting. Saya tumbuh dalam keluarga yang beragam. Dan itu sangat memberi inspirasi untuk saya. Kami tidak pernah bicara soal agama," ucapnya.

"Keluarga saya terdiri dari muslim dan non muslim. Saat menyambut Ramadan, saya sangat happy. Di Maluku, juga sama happy-nya, sama seperti ketika masyarakat menyambut Natal, dan itu terjadi sampai hari ini," ujarnya.

 

A photo posted by Glenn Fredly (@glennfredly309) on

Akhirnya, Glenn mengumpulkan para musisi dan penyanyi di antaranya Indra Lesmana, Yance Manusama, Idang Rasjidi, Dian Pramana Poetra, Nikita Willy, Rieka Roslan, Iga Mawarni, Tompi dan lainnya. "Saya memutuskan, mengumpulkan teman-teman yang musisi baru yang belum pernah saya ajak kerja bareng," imbuhnya.

Seni bisa menjadi pemersatu, begitulah keyakinan Glenn Fredly. "Kalau ada yang mempertanyakan alasan, ya saya cuma bisa bilang, gitu aja kok repot. Saya nggak terlalu pusing. Satu hal, ini fungsi seninya disini. Berkesenian jadi penting untuk memecahkan kebuntuan di tengah kita," tandasnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading