Sukses

Entertainment

Garap Klip Mengapa, Rizal Mantovani Ajak Ridho Rhoma ke Hutan

Fimela.com, Jakarta Sentuhan berbeda diberikan Rizal Mantovani kala menggarap lagu Mengapa. Lagu ini merupakan karya Rhoma Irama yang diaransemen ulang oleh Ridho Rhoma. Ia mengajak Ridho Rhoma ke kawasan hutan pinus demi mendapatkan aura dari lagu tersebut.

Seperti yang dikatakan oleh Ridho Rhoma, lagu ini merupakan sebuah kisah cinta yang berbeda kelas. Bagaimana cerita cinta seorang yang dicintai oleh pasangan yang derajat atau kastanya lebih tinggi darinya.

Ridho Rhoma syuting video klip (Nurwahyunan/bintang.com)

Rizal pun berusaha merangkum lirik demi lirik dari lagu tersebut, kemudian diterjemahkan dalam bentuk visual. "Konsepnya sih surrealis, yang merupakan cerita dari lagunya," kata Rizal Mantovani di kawasan Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (9/2/2015).

Namun, konsep yang dibawa dalam videoklip ini berbeda dengan film. Karena Rizal berusaha tak menerjemahkan cerita lagu secara harfiah dalam video klip, namun ada adegan-adegan yang menjadi simbolisasi dari lirik lagu.

Awal tahun 2017, penyanyi Ridho Rhoma kembali menggarap single lama Mengapa dengan aransemen baru. Anak Raja Dangdut Rhoma Irama mempercayakan sutradara Rizal Mantovani dalam menggarap vidio klipnya. (Nurwahyunan/Bintang.com)

"Tapi bukan seperti cerita film ya. Banyak menampakkan simbolisasi-simbolisasi. Kita tidak harus mencerminkan cerita dan lirik yang ada di dalam lirik itu secara harfiah. Tapi secara simbolik. Seperti misalnya, Ridho yang kehilangan cintanya," ujarnya.

Memaknai cinta, setiap orang tentu memiliki pemahaman dan interpretasi yang berbeda. Karenanya, Rizal berharap para penikmat videoklipnya bisa memaknai secara berbeda akan konsep yang disuguhkan.

"Karenanya mengenai persepsi dan pemahaman penonton memang bergantung dari cara pandang atau imajinasi masing-masing. Terlebih, memang saya kan banyak main analogi, simbol, di video klip ini," tukas Rizal Mantovani tentang video klip Ridho Rhoma.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading