Sukses

Entertainment

Editor Says: Mengurai Popularitas Ayu Ting Ting

Fimela.com, Jakarta Nama Ayu Ting Ting laksana magnet dalam dunia hiburan di Tanah Air. Untuk saat ini, ia merupakan artis yang paling banyak memiliki pengikut (followers) di media sosial, khususya Instagram. Saat ini ia memiliki lebih dari 21 juta. Jumlah itu melampaui artis-artis lain yang lebih dulu berkiprah dalam dunia hiburan, seperti Agnes Monica, Marshanda, serta artis lain.

Perempuan kelahiran Depok itu lahir di tengah keberuntungan. Dunia di mana sedang terjadinya kelesuan dalam dunia dangdut. Itu terbukti saat single-nya 'Alamat Palsu' berhasil memikat perhatian masyarakat. Lirik lagu tersebut mudah diingat dan menurut banyak orang,  Ayu menyanyikan lagu tersebut dengan suara merdu.

Penampilan Ayu terbilang sederhana. Hal itu yang membuatnya ayu, sesuai namanya. Setidaknya, itu penilaian netizen. Gaya bahasanya pun tak dibuat-buat dengan logat Betawi-nya yang medok. Hal itu yang melekat dalam diri Ayu.

Orang boleh tak suka dengan semua itu. Namun, itu justru jadi daya pikat tersendiri. Bukti yang paling nyata adalah jumlah pengikutnya yang kian fantastis. Banyak orang yang justru memanfaatkan popularitasnya untuk kepentingan pribadi, seperti promosi di kolom komentar Instagram Ayu. 

Popularitas Ayu Ting Ting tak sekadar jerih payahnya sendiri, tapi juga didongkrak oleh kehadiran media. Suka atau tidak, media sangat memengaruhi popularitas Ayu. Artinya, selain faktor personal, terdapat faktor-faktor lain yang juga berhasil membentuk Ayu sampai saat ini, termasuk juga peran media sosial yang cukup penting.

Ayu Ting Ting dan keluarga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa dalam Ramadan 2017 (Instagram/@ayutingting92)

Ayu tumbuh di tengah gegap gempitanya publik menggunakan media sosial. Ayu tentu sadar betul berkarier dalam dunia hiburan tanpa ditopang dengan media sosial, ibarat pepatah, "katak dalam tempurung", merasa besar kepala sendiri. Kekuatan Ayu juga didukung penuh oleh ibundanya, Umi Kalsum. Ia juga pengguna media sosial yang sangat aktif. Ia bahkan mampu mengalahkan jumlah follower artis sekali pun. Saat ini, ia memiliki followers lebih dari satu juta.

Popularitas Ayu Ting Ting juga ikut mendongkarak adiknya, Syifa. Meski bukan artis, ia juga mendapat berkah dari ketenaran sang kakak. Secara guyon, ia sempat mengatakan jika dirinya lebih cantik dari kakaknya itu. Hanya Abdul Razak yang tak aktif menggunakan media sosial. Ia bertugas sebagai penjelas atau menjawab pertanyaan jika ada hal yang melibatkan Ayu atau isu-isu miring.

Tak Peduli Omongan Orang

Para penggemar setia Ayu Ting Ting yang tergabung dalam aytinglicous turut mendongkrak popularitasnya. Saat ini para fans Ayu itu tersebar di sejumlah daerah. Mulai dari Tangerang, Sukabumi, Sumatera Selatan, Cirebon, Jabodetabek, Jawa Timur, Kalimantan, Yogyakarta, dan Jawa Tengah. Khusus untuk Jawa Tengah, kini telah memasuki usia dua tahun.

"Happy 2nd anniversary @aytinglicious_jateng semoga makin kompak, makin solid, makin erat kebersamaannya. Semoga lancar acara baksosnya tgl 19 maret, semoga berkah, semoga aytinglicious selalu positif. Makasih selalu sayang dan support ayu. I love you all 😘," ungkap Ayu melalui akun Instagram-nya, 14 Maret 2017.

Umi Kalsum mengunggah fans Ayu Ting Ting di sejumlah daerah (Instagram/@mom_ayting92_)

Berdasarkan sebuah riset, Indonesia negara terbesar ketiga pengguna Instagram. Data lain menyebutkan bahwa Indonesia merupakan pengguna terbesar ketiga Twitter, dan pengguna terbesar keempat Facebook. Dari jumlah itu, 21 juta lebih merupakan followers Ayu, terlepas dari satu orang bisa memiliki dua akun Instagram.

Ayu memang sangat aktif menggunakan media sosial, khususnya Instagram. Nyaris tiap hari ia mengunggah foto maupun video dalam akun media sosialnya itu. Mulai foto dirinya, ia bersama putranya, ibu dan ayahnya, maupun bersama adiknya, foto bersama teman, foto produk, dan lain-lain.

Ayu Ting Ting dan keluarganya mengaku tidak peduli dengan orang-orang yang terus mencibir. Bagi ayah Ayu, yang penting putrinya bisa kerja cari duit yang halal dan berkah. Apalagi keluarganya juga tak pernah mengusik orang. (Bambang E. Ros/Bintang.com)

Sebagai figur publik yang aktif menggunakan media sosial, Ayu paham dan sadar dampak dari media sosial. Pujian dan komentar miring terhadap dirinya datang silih berganti. Namun, ia menanggapinya dengan santai bahkan tak peduli.

"Sudah biasa, masuk kuping kanan keluar kuping kiri. Yang penting mah, alhamdulillah Allah kasih rezeki lancar, sehat terus. Omongan orang nggak usah didengar, doanya yang baik-baik saja," kilah Ayu Ting Ting.

 

Salam,

Komarudin
Editor Kamal Celeb

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading