Sukses

Entertainment

7 Prosesi Adat yang Dijalani Kahiyang Ayu Hari Ini

Fimela.com, Jakarta Resmi menyandang marga Siregar, Kahiyang Ayu akan melakukan serangkaian prosesi adat pernikahan sesuai adat Mandailing. Sebagaimana diketahui, pesta adat Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution akan dilangsungkan 24-26 November 2017 di Medan.

Acara sendiri berlangsung di kediaman Bobby sejak pagi tadi. Penjagaan yang ketat terlihat dengan banyaknya aparat di sekitar kompleks perumahan. Selain pintu masuk yang dijaga ketat, lokasi juga dikelilingi pagar tanaman yang membuat orang luar tidak leluasa menyaksikan apa yang terjadi di baliknya.

Yuk, simak tujuh rangkaian acara adat yang akan dilakukan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution hari ini.

1. Manalpokkon lahanan/ pulungan ni horja

Menurut tertib acara Horja Siriaon (ngunduh mantu) adat Mandailing, prosesi adat yang digelar pertama adalah Manalpokkon lahanan/ pulungan ni horja. Acara ini merupakan pemotongan hewan kurban berupa kerbau, yang sudah dilakukan sekitar pukul 06.20 WIB pagi tadi.

Lantaran acara adat pernikahan Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu dikategorikan sebagai acara adat besar, maka lahan ni horja atau hewan yang disembelih adalah kerbau. Acara ini dihadiri oleh suhut, kahanggi, anakboru, namora narotas, dan harajaon ini disaksikan oleh pengetua-pengetua adat.

“Ada tiga tingkatan kurban yang bisa disesuaikan dengan besar atau kecilnya pesta. Bisa ayam untuk pesta sederhana kambing untuk memenuhi syarat pesta kelas menengah, dan kerbau untuk pesta besar. Oleh karena acara adat pernikahan Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu ini adalah acara adat dengan mengundang banyak marga maka lahan ni horja atau hewan yang disembelih adalah kerbau,” tutur H. Pandapotan Nasution, SH, yang bergelar Patuan Kumala Pandapotan, seperti rilis yang diterima Bintang.com.

2. Manyantan gordang sambilan dohot gondang

Manyantan gordang sambilan dohot Gondang menjadi prosesi adat berikutnya, di mana gondang atau gendang dibunyikan. Alat musik tradisional ini digunakan untuk mengiringi acara monortor atau menari tortor dalam pernikahan adat Mandailing.

Dalam prosesi ini, beberapa bendera didirikan, antara lain bendera kebangsaan merah putih, bendera raja-raja Desa Na Walu, bendera Harajaon, bendera Lipan-lipan, bendera Siararabe, dan bendera Alibutongan (Pelangi).

3. Galanggang siriaon

Acara ini merupakan prosesi untuk membuka gelanggang atau arena untuk panortoran yang dilaksanakan secara berurutan oleh Suhut (tuan rumah), beberapa pengtua adat dan raja. Raja Panusunan pada acara perkawinan adat Bobby dan Kahiyang adalah H. Pandopotan Nasution, S.H. gelar Patuan Kumala Pandapotan.

4. Mangalo-alo Mora

Mangalo-alo Mora bertujuan untuk menyambut kedatangan Mora. Dalam budaya Mandailing, Mora merupakan kelompok tempat pengambilan anak gadis dalam perkawinan, atau orang tua dan saudara-saudara dari pihak istri. Mora yang akan disambut adalah kakak dan adik laki-laki dari Ibunda Bobby Nasution, Ibu Ade Hanifah Siregar.

5. Manarimo Tumpak / Marlongit

Prosesi ini merupakan acara menerima kedatangan kahanggi (kerabat satu marga), anakboru, dan kelompok masyarakat etnik yang akan menghantarkan bantuan secara adat sebagai tanda ikut bergembira, sebagai perwujudan masyarakat yang berdasarkan kegotongroyongan.

6. Maralok-alok (sidang adat)

“Sidang Adat Kerapatan Adat atau Maralok Alok, yang diawali dengan menyuguhkan sirih oleh yang empunya Horja (Suhut) kepada semua pengetua-pengetua adat yang hadir," ujar H. Pandapotan Nasution, SH, selaku pemangku adat Mandailing.

"Selanjutnya Suhut, diikuti Kahanggi, Anakboru, dan Namora Natoras menyampaikn maksud dan tujuan acara hari itu yakni memberitahu pada pengetua adat bahwa Bobby dan Kahiyang Ayu sudah menikah seraya mengharapkan agar acara pernikahan tersebut juga dibesarkan secara adat," imbuhnya. 

7. Margalanggang

Acara adat pada Jumat (24/11/2017) akan ditutup dengan Margalanggang atau Manortor Tahap Kedua. Pada acara ini diharapkan seluruh pengetua-pengetua adat dan juga barisan kaum Ibu akan ikut manortor serta remaja (naposa dan nauli bulung) sebagai pertanda bergembira akan kedatangan Kahiyang Ayu. Acara menortor tahap kedua sendiri akan berlangsung semalam suntuk.

Setelah tujuh rangkaian acara adat hari ini, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution akan kembali menggelar pesta adat pada Sabtu (25/11/2017). Lantas, acara dilanjutkan dengan resepsi pada Minggu (26/11/2017) dengan dihadiri sekitar 2000 tamu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading