Sukses

Entertainment

Niat Lahiran Normal, Istri Sammy Simorangkir Ikhlas Lakukan Caesar

Fimela.com, Jakarta Perjuangan dalam proses kelahiran anak pertamanya dari pernikahannya dengan Sammy Simorangkir dirasakan oleh Viviane. Menurutnya, tahap demi tahap dilakukannya pada proses kelahiran normal sebagaimana yang diniatkan.

"Prosesnya lumayan banget. Dari Selasa minggu lalu kok udah ada bukaan dan posisinya sudah turun. Kata dokter saat itu kalau baru bukaan 1 prosesnya masih lama, jadi pulang," kata Viviane di RS Hermina Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (23/8/2018).

"Malam harinya kontraksi lagi dan kebetulan besoknya jadwal kontrol. Akhirnya diperiksa, pembukaannya belum nambah tapi udah kontraksi jadi aku harus stay di RS untuk diinduksi, dua kali induksi," lanjutnya.

Viviane sejak awal memang berniat untuk merasakan proses melahirkan secara normal. Karenanya ia berjuang demi mewujudkan keinginannya tersebut. Dua kali induksi dilakukannya demi merangsang bayi keluar.

"Pertama itu merangsang mules tapi ternyata gak ada bukaan. Dari jam 6 sore sampai pagi akhirnya diinduksi lagi. Ternyata belum ada bukaan tetap biarpun rahim sudah datar. Iya tadinya mau normal. Makanya sampai induksi dua kali karena maunya normal," ucapnya.

Sampai akhirnya dokter yang menanganinya pun memutuskan untuk dilakukan caesar. "Akhirnya caesar. Karena aku juga ada bekas operasi. Ya kalau menurut kedokteran harus caesar, ya kita nurut," imbuhnya.

Ditambahkan oleh dr. Febri yang menangani proses kelahiran Viviane, ada beberapa alasan yang mendasari proses caesar yang ditempuh. "Padahal kepala bayi posisinya bagus untuk normal dan bayinya juga ga terlalu besar banget, kontraksinya juga ada, tapi memang tidak kuat," ucapnya.

"Diinduksi lagi, masih sama biarpun mulai kencang kontraksinya. Tapi Vivi kayaknya termasuk orang yang gak gampang nyeri ya. Bukaannya tetap ga nambah, hanya 1 atau 2 cm. Akhirnya diputuskan operasi karena sudah dua hari. Tali pusarnya juga pendek jadi ga turun," sambungnya.

Setelah dilakukan proses caesar, bayi tampan tersebut lahir dengan selamat. "Operasi 40 menit. Kalau coba melahirkan normal dari Jam 6 sore sampai pagi full diinduksi. Berat lahir 3036 gram dan panjang 48 cm," tandas istri Sammy Simorangkir.

What's On Fimela
Loading