Sukses

Entertainment

Viral Pernyataan Oki Setiana Dewi yang Dianggap Normalisasi KDRT

Fimela.com, Jakarta Nama Oki Setiana Dewi beberapa jam terakhir menjadi perbincangan panas di jagat Twitter. Artis yang kini memperdalam agama tersebut dinilai membuat pernyataan yang kontroversial.

Dari sebuah video yang beredar di Twitter pada Rabu (2/2/2022), Oki terlihat sedang berceramah. Ia mengisahkan tentang cara pasangan suami-istri di Jeddah, Arab Saudi menghadapi permasalahan rumah tangga.

Oki Setiana Dewi menuturkan keduanya terlibat dalam pertengkaran, sang suami diceritakan memukul sang istri hingga menangis. Tak lama kemudian orang tua sang istri datang dan menanyakan wajah sembab sang anak. 

Menutupi Aib

Sang suami merasa sangat takut istrinya akan mengadu pada orang tuanya tentang pemukulan tersebut. Namun sang istri 'menutupi' aib suaminya dan berdalih ia menangis karena rindu orang tua. Sang suami pun diceritakan luluh karena kejadian tersebut.

Statement Oki juga membuat panas karena dirasa mengesampingkan perasaan perempuan. "Kan kalau perempuan itu suka lebay, suka tidak sesuai kenyataan, dilebih-lebihkan begitu. Orang kalau lagi marah, lagi sakit hati kan ceritanya suka dilebih-lebihkan biasanya," tutur Oki dalam video tersebut.

Ditentang Banyak Pihak

Cerita itu rupanya justru menuai kritik dari para pengguna Twitter. Mereka mengecam pernyataan Oki yang cenderung menormalisasi Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Nada tidak setuju juga datang dari Nadirsyah Hosen, akademisi dan penggagas Khazanah GNH. Ia melihat kekerasan dalam bentuk apapun tidak dibenarkan dalam kehidupan berumah tangga.

"Kasih tahu sama sang ustadzah, kalau suami mukul istri itu sebenarnya bukan aib yg harus ditutupi oleh istri. Itu KDRT. Harus lapor polisi. Cerita2 begini justru membuat istri dipaksa menerima kelakuan suaminya yg brengsek atas nama jaga aib suami. Istrimu bukan sasak tinju woy," tulisnya.

Para netizen tak ingin 'kisah nyata' yang diceritakan Oki Setiana Dewi berimbas pada istri yang diam saja menghadapi kekerasan dari suami dengan dalih 'menutupi aib suami'. 

What's On Fimela
Loading