Sukses

Entertainment

Bermodal Satu Pertanyaan, Dian Sastrowardoyo Ungkap Perjalanan Spiritual Sebelum Putuskan jadi Mualaf

Fimela.com, Jakarta Selain perjalanan karier di dunia akting yang panjang, aktris Dian Sastrowardoyo ternyata juga punya pengalaman spiritual yang tak kalah menarik untuk di bahas. Tak banyak yang tahu jika keputusan perempuan 41 tahun itu memeluk agama Islam lebih dulu melewati prosea yang berliku.

Hal itu diceritakan Dian Sastrowardoyo dalam sebuah konten video yang diunggah YouTube Channel milik Daniel Mananta. Di situ, ibu dua anak tersebut menceritakan pengalaman spiritualnya yang panjang sebelum akhirnya memutuskan untuk jadi mualaf di usia 22 tahun.

"Gue juga nggak nyangka, terus terang. Dan menarik adalah gue percaya sama jodoh-jodohan ya. Jadi pas gue cari spiritual, itu gue punya pertanyaan labil banget," ungkap Dian Sastrowardoyo mengawali ceritanya.

 

Berbekal Sebuah Pertanyaan

Dian Sastrowardoyo bercerita jika dirinya lahir sebagai seorang pemeluk Katolik dan dibesarkan oleh orangtua yang memiliki keyakinan berbeda. Ayahnya adalah penganut agama Budha, sementara sang bunda merupakan umat Katolik yang taat. Menariknya, sejak lama istri Indraguna Sutowo itu mengaku tertarik pada kepercayaan yang dianut sang kakek, yaitu Islam.

Namun, hal itu tak serta merta membuatnya langsung yakin untuk menjadi seorang muslim. Lebih dulu, ia mendalami semua agama yang ada di Indonesia berbekal sebuah pertanyaan tentang maksud manusia dilahirkan ke bumi jika akhirnya akan meninggal dan kiamat.

"Itu gue tanyain ke pendeta, pastor, biksu, ke agama Hindu. Pokoknya macem-macem. Gue nggak pernah merasa terjawab dengan cara jawab mereka yang berbeda-beda," bebernya.

Dapat Jawaban

Hingga pada suatu hari Dian Sastrowardoyo diajak salah satu keluarganya untuk mengikuti pengajian. Masih dengan pertanyaan tentang konsep hidup manusia yang belum ditemukan jawaban, Dian kemudian melontarkan pertanyaan serupa pada seorang ustaz dan mendapat jawaban yang bisa diterima.

"Di situ ada pak ustaz yang jawabannya logis banget. Gue kan anak filsafat, gue perlu jawaban logis dan jawabannya terhadap pertanyaan gue itu bikin gue nyes banget," bebernya.

Makin Memperdalam

Sayangnya, Dian Sastrowardoyo mengaku lupa atas jawaban sang ustaz terkait pertanyaan yang dilontarkan. Yang pasti, sejak saat itu ia memutuskan untuk lebih memperdalam agama Islam sampai akhirnya menjadi seorang muslim di momen Isra Mi'raj pada tanggal 21 Agustus 2006.

"Terus gue mau belajar sama bapak ini karena pemikirannya dalem banget dan bisa memuaskan dahaga penasarannya gue," katanya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading