Sukses

Entertainment

Tampil di Festival Kebangsaan, Once Mekel Bersama Musisi Lintas Generasi Bawakan Lagu Bertema Nasionalis

Fimela.com, Jakarta Sejumlah musisi kenamaan Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh tanggal 21 Mei 2023 kemarin dengan sebuah pertunjukkan bertajuk Musik Menjangkau Jiwa. Nama-nama seperti Once Mekel dan Raissa Anggiani dipercaya untuk tampil dalam acara tersebut.

Konser Musik Menjangkau Jiwa merupakan satu dari tiga kegiatan utama dalam event bertajuk Festival Kebangsaan hasil kerjasama antara Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo bekerjasama dengan  Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI). Selain konser musik, ada pula Dialog Kebangsaan dengan tema Musik Dalam Gerakan Kebangsaan serta Pop Art Market Actifity yang seluruhnya diselenggarakan di kampus UNS.

Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho, Festival Kebangsaan merupakan salah satu upaya menunaikan tugas kesejarahan kampus. Ia membeberkan, selain kalangan intelektual yamg berbasis di kampus, gerakan kebangsaan Indonesia juga turut disukseskan berkat peran besar para musisi yang menciptakan lagu yang menggelorakan semangat kebangsaan.

“Panggilan sejarah inilah yang melandasi mengapa UNS menggandeng PAPPRI dalam menyelenggarakan event Festival Kebangsaan ini. Ada akar historis yang menjadi landasan penyelenggaraan kali ini," kata Prof. Jamal Wiwoho dalam keterangannya. 

Sependapat

Pernyataan tentang peran besar para musisi untuk membakar semangat banyak orang dalam gerakan-gerakan yang berkaitan dengan isu kebangsaan juga diamini oleh Dwiki Darmawan selaku Sekjen PAPPRI. Maka dari itu, ia menganggap penting untuk menggelar event tersebut dalam upaya membangkitkan semangat Nasionalisme anak muda, terutama Generasi Z yang saat ini mengalami tekanan arus liberalisme dan fundamentalisme sebagai dampak dari globalisasi.

“Untuk menjawab tantangan Nasionalisme di kalangan Generasi Z, Perguruan Tinggi dan para pelaku musik sebagai dua entitas yang secara historis memiliki peran strategis dalam gerakan kebangsaan, perlu melakukan kolaborasi dan sinergi,” ujarnya.

Kikis Kesenjangan Antar Generasi

Memang, bukan sekedar pertunjukkan musik, Konser Kebangsaan bertajuk Musik Menjangkau Jiwa menampilkan nama-nama seperti Alffy Rev, grup musik Ki Ageng Ganjur, Dwiki Dharmawan, Gilang Ramadhan, Raissa Anggiani, Once Mekel dan Dewa Budjana membawakan lagu dan komposisi musik yang bernuansa kebangsaan. Di sela-sela penampilan mereka, ada sisipan orasi yang dilakukan oleh Dr. Al Zastrouw.

Once Mekel, solois sekaligus pengurus DPP PAPPRI bidang Program menilai jika event seperti Festival Kebangsaan ini penting untuk digelar secara berkesinambungan. Pasalnya, acara tersebut bisa dijadikan wahana berdialog antara kaum muda terutama Generasi  Z dengan generasi senior untuk mengikis kesenjangan imaginasi akan nasionalisme antar generasi.

“Musik dapat menjadi jembatan dialog lintas generasi yang efektif dan inspiratif karena musik terkait dengan persoalan rasa dan hati. Itulah sebabnya kami mengambil tema Musik Menjangkau Jiwa. Melalui Musik kami ingin menjangkau jiwa anak bangsa lintas generasi. Untuk itu,  event ini menampilkan pengisi acara dari generasi muda dengan generasi senior agar terbangun dialog antara keduanya,” ujar Once Mekel.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading