Sukses

Entertainment

Wadahi Kreativitas yang Terus Berkembang, AMI Awards 2023 Hadirkan 6 Kategori Baru

Fimela.com, Jakarta Ajang penganugerahan tertinggi bagi insan musik di Indonesia, AMI Awards kembali digelar untuk tahun 2023 ini. Di tahun ke-26 penyelenggaraannya, AMI Awards 2023 memuat 62 kategori, termasuk 6 kategori yang merupakan penambahan atau penyempurnaan.

Pendaftarannya sendiri sudah berlangsung secara pada 15 Mei 2023 lalu dan ditutup pada 08 Juli 2023. Total, ada 4858 lagu yang terdaftar dan merupakan karya produksi single ataupun album yang dirilis secara komersil dalam periode rilis 1 Juli 2022-30 Juni 2023.

"Peningkatan lebih tinggi menandakan kreativitas musisi luar biasa, musisi keseluruhan terus berkarya," ucap Chandra Darusman yang merupakan Ketua Umum AMI Award 2023 di Plaza Senayan Jakarta Selatan, belum lama ini.

Ada Kategori Baru

Dari 62 kategori yang diklasifikasi, ada 6 kategori baru Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Koplo Terbaik, Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Melayu Terbaik, Karya Orkestral Terbaik, Album Film Scoring Terbaik, Album Musikal Terbaik, Album Alternatif Terbaik. Candra Darusman menilai hal itu dilakukan dalam rangka mengakomodir kreativitas insan musik Indonesia yang makin berkembang seiring berjalannya waktu.

"Setiap tahun ada bibit baru ada bakat baru musisi luar biasa yang membuat kita semangat lagi. Kita bersyukur Indonesia punya bakat luar biasa," kata Chandra.

Penghargaan yang Tepat

Malam penganugerahan AMI Awards 2023 sendiri rencananya akan dilangsungkan pada 8 November 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra mewakili pemerintah merasa jika penyelenggaraan AMI Awards 2023 tak ubahnya sebagai dukungan pada kreativitas para musisi nasional sebagai bentuk pemajuan kebudayaan. Selain itu, ia juga menekankan pentingnya menyebarluaskan karya musik ciptaan anak bangsa.

"AMI Awards sebagai ajang festival tahunan merupakan perhelatan yang tepat untuk menghargai ekspresi seni budaya para musisi Indonesia. Mereka tidak pernah berhenti berkreasi meskipun menghadapi berbagai rintangan," katanya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading