Sukses

Fashion

4 Tips Menjemur Pakaian dengan Benar

Fimela.com, Jakarta Pakaian yang kotor tentu harus dicuci sampai bersih kemudian dikeringkan dengan cara dijemur. Menjemur pakaian memang harus dilakukan agar pakaian yang kamu cuci tidak lembab atau bau apek. Namun ternyata masih ada banyak orang yang keliru dalam menjemur pakaiannya. 

Menjemur dengan cara yang salah atau asal-asalan akan membuat kualitas dari suatu pakaian menjadi menurun. Karena itu meskipun terkesan sepele, menjemur pakaian dengan benar sangatlah diperlukan. Agar pakaian tetap awet dan terjaga, jemurlah dengan cara berikut ini:

ilustrasi menjemur pakaian yang benar. (via: istimewa)

1. Banyak orang sering menggunakan hanger atau gantungan baju untuk menjemur pakaian. Tahukah kamu bahwa menjemur dengan hanger akan membuat serat kain dalam pakaian menjadi turun karena kandungan air ketika dicuci masih tersimpan dan terkumpul dibagian bawah pakaian. Sebaiknya jemur dengan cara seperti kamu menjemur sprei, handuk atau kain di tiang gantungan, atau diselipkan di bagian bawah hanger dengan cara seperti dilipat.

2. Usahakan untuk menjemur pakaian dengan cara membaliknya sehingga bagian dalam menjadi bagian terluar. Hal ini juga bermanfaat untuk menjaga warna pakaian agar tidak pudar akibat sinar matahari langsung, terutama warna-warna yang gelap seperti hitam, marun atau biru donker.

3. Menjemur pakaian tak harus selalu terkena sinar matahari langsung. Diangin-anginkan saja sebenarnya sudah cukup untuk membuat pakaian menjadi kering. Namun untuk jenis-jenis pakaian yang berat atau berbahan tebal dan menyerap banyak air, menjemur di bawah sinar matahari akan membuatnya menjadi cepat kering dengan sempurna.

4. Jangan menjemur pakaian terlalu lama. Rentang waktu antara 3-5 jam sebenarnya sudah cukup asalkan pakaian tersebut sudah kering secara merata. Bila sudah cukup kering, segeralah angkat dari tiang jemuran. Jangan biarkan pakaian terjemur selama berjam-jam, apalagi dibawah sinar matahari yang terik. Dengan begitu kualitas pakaian akan tetap terjaga, tidak pudar ataupun menipis.
Itulah 4 cara yang tepat dalam menjemur pakaian. Kualitas suatu pakaian akan terjaga jika di-maintenance dengan benar, termasuk dengan cara menjemur yang baik dan tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading