Sukses

Fashion

Tips Pilih Sepatu Pantofel Pria Untuk ke Acara Formal

Semakin dewasa usia seseorang, semakin banyak pula acara yang mengharuskan kita untuk tampil rapi  dan cenderung formal. Misalnya saja acara wisuda, acara perkawinan, melamar kerja, dan masih banyak lagi. Saat menghadiri acara resmi tentu kamu juga ingin pasangan tampil sempurna bukan?

Nah momen-momen seperti ini biasanya menuntut kita untuk lebih dressed up mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Jika untuk urusan pakaian, kemeja, batik, dan jas adalah pilihan yang umum. Untuk urusan sepatu, biasanya pengetahuan kita hanya sampai sebatas sepatu pantofel wanita atau pria. Tapi tahukah kamu jika jenis sepatu untuk acara formal sebenarnya ada cukup banyak?

Mengenal Jenis Sepatu Formal

Copyright: Qlapa.com
1. Oxford
Simple, formal, namun elegan. Sepatu berdesain klasik ini umumnya hadir dalam warna coklat maupun hitam. Gayanya yang sleek membuat sepatu jenis ini sangat cocok untuk beragam acara yang formal. Soal padu-padan, kombinasikan sepatu oxford dengan celana bahan. Dan usahakan hindari penggunaan celana santai seperti misalnya jeans, ya.

 2.    Derby
Sepatu ini mirip dengan oxford, hanya saja bagian lacing-nya dijahit di bagian luar sepatu. Hasilnya adlaah sepatu yang bergaya versatile dan elegan. Biasanya hadir dengan warna yang beraneka raham, mulai dari coklat hingga merah marun. Sepatu ini bisa dipakai untuk berbagai acara. Selain itu juga cocok dipakai bareng jas, jins, maupun chinos.
Copyright: qlapa.com
 3.    Brogue
Identik dengan sepatu yang memiliki banyak lubang, brogue awalnya memang digunakan oleh orang pada masanya untuk mengeluarkan air yang ada dalam sepatunya.

 4.    Monk Strap
Sepatu ini hadir dari para biarawan atau monk yang mencari alternatif sandal untuk kesehariannya. Terbuat dari bahan kulit, sepatu ini khas karena tidak memiliki tali dalam penggunaanya. Kehadiran strap menjadi pengganti peran tali sepatu. Single monk straps biasanya terkesan klasik dan timeless, sedangkan double monk strap identik dengan gaya militer. Saat menggunakan sepatu ini, pastikan warna sabuk besi pada sepatu senada dengan besi pada ikat pinggang, maupun jam tangan.

 5.    Loafer
Tanpa tali maupun strap sebagai pengencang, sepatu berjenis loafer ini menawarkan gaya yang lebih santai. Menurut sejarah, sepatu ini tercipta pada 1926 atas keinginan Raja George VI yang mencari sepatu untuk aktivitas indoor-nya.     
Sesuaikan dengan style
Salah satu cara paling mudah untuk menentukan sepatu adalah memadankannya dengan celana. Sepatu yang agak lebar akan terlihat kebesaran jika dipadukan dengan celana yang skinny atau slim fit. Sedangkan sepatu yang lancip akan kelihatan aneh jika dikombinasikan dengan celana model lurus atau regular.

Biasanya, sepatu hitam adalah warna paling aman untuk sepatu formal. Sepatu pantofel hitam juga cocok untuk hampir semua warna jas, terkecuali coklat. Sedangkan penggunaan sepatu coklat biasanya akan membuat tampilan jadi cenderung kasual. Untuk itu sangat pas bila digabungkan dengan celana jis atau dark chino. Sedangkan untuk atasannya, sepatu coklat cocok digunakan bersama jas berwarna navy, abu-abu muda atau coklat.

Tips lainnya untuk membuat tampilan pasangan lebih harmoni adalah dengan memadukan sepatu dengan ikat pinggang. Jika pasangan menggunakan sepatu loafer atau monk strap, cobalah untuk memadukan buckles-nya dengan ikat pinggang atau cufflinks yang digunakan.

Selalu padankan warna kaos kaki dengan jas yang digunakan. Ingat, bukan warna sepatu! Terkecuali jika kamu ingin gaya yang kontras, kamu bisa padankan dengan dasi, cufflinks atau pocket square.

Seperti apa ukuran yang tepat?
Sebenarnya tidak ada perbedaan yang besar antara sepatu pantofel dan sepatu lainnya. Sepatu akan pas jika masih ada ruang untuk jari kaki bergerak. Untuk mengukur sepatu, sebaiknya coba sepatu di malam hari. Karena kaki kita cenderung membesar ukurannya setelah seharian.

Gunakan kaos kaki yang akan digunakan pada acara untuk mengetes apakah sepatu tersebut memang pas. Sebaiknya gunakan kaos kaki yang tipis untuk acara resmi. Seperti sepatu lainnya, sepatu pantofel biasanya membutuhkan waktu agar lebih nyaman digunakan. Terlebih untuk sepatu kulit, karena bentuk kaki akan membentuk sepatu tersebut seiring waktu. Jika sepatu terlalu banyak bergesek dengan kulit, artinya sepatu tersebut kebesaran atau kekecilan. Jadi jangan dipaksakan ya!

Di mana bisa menemukan pilihan Sepatu Formal Terbaik?

Tak perlu bingung mencari koleksi sepatu formal untuk acara spesial. Sebab kamu bisa menemukan beragam pilihan sepatu pantofel berkualitas di Qlapa. Tersedia beragam jenis sepatu pantofel mulai dari Oxford, Derby, Brogue, Monk Strap, hingga Loafer yang dibuat oleh pengrajin berpengalaman di Indonesia. Kamu juga bisa memilih langsung mana sepatu yang paling sesuai untuk kebutuhan, tanpa perlu ke luar rumah. Mudah dan nyaman kan!

(vem/ivy)
Loading