Sukses

Fashion

Resep Membuat Sosis Solo, Penganan yang Gurih, Asin dan Manis

Fimela.com, Jakarta Tiap daerah di Indonesia punya ragam kuliner khas, mulai dari makanan ringan sampai makanan berat. Di daerah Solo, Jawa Tengah, misalnya, ada penganan Sosis Solo yang sudah dikenal luas dan banyak digemari. Makanan khas Solo ini biasanya terbuat dari daging sapi atau ayam giling yang kemudian dibungkus dengan dadar telur.

Sosis Solo adalah dikenal dengan rasanya yang gurih dan enak. Penganan yang bikin kenyang ini masih termasuk jenis kue tradisional yang masih banyak dijumpai baik di Solo sendiri maupun di daerah lainnya di Indonesia.

Seperti dilansir dari laman Resep Kecilku, sekilas sosis ini hampir sama dengan lumpia, tetapi perbedaanya pada ukuran dan isiannya. Kulitnya juga lebih lembut dibandingkan lumpia. Yang membuat kue ini lebih spesial adalah rasanya yang manis,asin dan gurih. Sosis Solo juga kerap dijual di berbagai toko kue.

Meski begitu kita juga bisa membuatnya sendiri di rumah karena caranya cukup praktis dan mudah. Seperti dilansir dari Cookpad, berikut ini resep membuat Sosis Solo isi daging ayam kreasi Ista Yuliarti.

Bahan yang disiapkan:

2 butir Telur
2 ons Ayam
200 gr Tepung Terigu
1/4 sndk teh Garam
250 cc Air
3 helai Daun bawang
5 siung Bawang putih
50 ml Santan instan
1 butir Telur untuk menggoreng

Sosis Solo. foto: cookpad

Cara pembuatannya:

Campur jadi satu terigu, telur, garam dan air. Semuanya diuleni, kalau kurang encer tambahkan air, lalu saring agar tidak menggumpal

Ambil satu sendok sayur adonan kulit di atas Teflon yang panas dengan api sedang sekitar 1,5 menit

Sosis Solo. foto: cookpad

Buat kulit sosis sampai semua adonan habis

Rebus ayam lalu angkat dan suir-suir dengan garpu

Tumis daun bawang dan bawang putih yang sudah dicincang halus kemudian masukkan ayam yang sudah di suir. Oseng sebentar lalu tambahkan santan garam dan gula, tes rasanya lebih dulu sebelum di angkat

Sosis Solo. foto: cookpad

Isi kulit sosis dengan ayam suir lalu gulung dan celupkan di telur yang sudah dikopyok. Lalu goreng sampai berwarna keemasan dan angkat. Sosis Solo siap disantap dan tambahkan cabe rawit atau saus sambel untuk dinikmati.

 

Sosis Solo 😉😉 nomnom #alachefyolaquen #orderan #sosissolo #Malang

Foto kiriman yolanda (@yolandasoesetyo) pada

What's On Fimela
Loading