Sukses

Fashion

5 Cara Merawat Jam Tangan Kulit agar Tetap Awet seperti Baru

Fimela.com, Jakarta Penampilan rasanya tak lengkap bila tidak mengenakan jam tangan berbahan kulit. Tipe jam tangan ini tak hanya bagus dipandang, tapi juga memberi kesan elegan dan mewah pada OOTD-mu. 

Namun, sayangnya jam tangan kulit ini rentan terhadap kerusakan. Material kulit ini sensitif terhadap beberapa elemen seperti paparan sinar matahari karena dapat menyebabkan tali kulit mengelupas.

Tali kulit yang lembap akibat air atau keringat juga bisa menimbulkan bau yang tak sedap. Untuk mencegahnya, ada beberapa hal mengenai perawatan jam tangan kulit yang perlu kamu perhatikan. Dirangkum dari berbagai sumber berikut cara tepat merawat tali jam tangan.

1. Hindari kelembapan

Jam tangan kulit membutuhkan perawatan ekstra. Sebab tali jam tangan kulit rentan mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Bau itu terjadi karena sisa air atau keringat yang menempel di tali jam tangan kulitmu. Nah, sisa air atau keringat yang menempel itu dapat membuat tali jam tangan menjadi lembap dan akhirnya mengeluarkan aroma tak sedap. 

Karena itulah, saat merasa tali jam kulit milikmu basah terkena air atau keringat, sebaiknya dikeringkan secepat mungkin. Lepas jam tangan dan biarkan terkena angin hingga kering. 

2. Bersihkan dengan pembersih khusus

Sama seperti kebanyakan produk berbahan kulit lainnya, jam tangan kulit juga butuh kondisioner atau pembersih khusus agar kualitasnya tetap terjaga.

Pembersih ini bisa kamu gunakan untuk membersihkan bagian talinya. Pakailah pembersih atau kondisioner di bagian permukaan luar tali jam kulit minimal seminggu sekali. 

3. Pastikan tali kulit jam kering

Jam tangan kulit rentan memiliki aroma yang kurang sedap. Karena itulah, perhatikan kondisi tallit kulit jam tanganmu.

Hindari memakai jam tangan sebelum kering dengan sempurna agar tidak mengundang jamur dan bakteri penyebab aroma tidak sedap pada jam tangan tali kulit.

4. Rutin membersihkannya dengan handuk kering

Setelah dipakai, sempatkan sedikit waktu untuk mengelap jam tangan kulit dengan handuk kering,

Sehabis dipakai sehari-hari, sempatkan sedikit waktu untuk mengelap jam tangan kulit dengan handuk kering. Cara ini dapat mempercepat proses pengeringan jam tangan dari cipratan air atau keringat. Sehingga tidak didiamkan dalam keadaan yang kotor. 

5. Pastikan lepas tali jam sebelum membersihkannya

Ketika kamu berniat untuk membersihkan jam tangan secara menyeluruh, pastikan bagian arloji dan talinya sudah kamu pisah. Pembersihan yang dilakukan tanpa dipisah terlebih dahulu berisiko merusak mesin dalam arlojimu. Jadi, pastikan kamu sudah memisahkannya.

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Koleksi Jam Tangan Elegan Pilihan Amanda Seyfried untuk Percantik Setiap Pilihan Outfitmu
Artikel Selanjutnya
5 Cara Memilih Jam Tangan Sesuai dengan Warna Kulit dan Bentuk Tangan