Sukses

Fashion

Perjuangan Dramatis Kim Kardashian Mengulang Penampilan Ikonis Marilyn Monroe dengan Gaun Lelang Termahal Sepanjang Sejarah di Met Gala 2022

Fimela.com, Jakarta Kim Kardashian kembali memberikan kejutan di Met Gala 2022, dengan penampilannya yang dramatis. Kim Kardashian memutuskan bertransformasi menjadi Marilyn Monroe, tahun ini.

Menurut pengakuannya, ide ini sebenarnya telah muncul setelah Met Gala pada bulan September tahun lalu. Ia berpikir apa yang akan ia hadirkan di tema Amerika, jika bukan tampilan ikonisnya dengan outfit Balenciaga tahun lalu?

"Apa hal paling Amerika yang bisa kamu pikirkan? Dan untukku, itu Marilyn Monroe," jelas Kim Kardashian.

Di red carpet Met Gala 2022, Kim Kardashian terlihat mengenakan gaun berkilauan yang ikonis, rambutnya diwarnai dan ditata sempurna dalam warna platinum blonde. Ini adalah momen penampilan Marilyn Monroe yang juga tak kalah ikonis, saat ia menyanyikan lagu "Happy Birthday" untuk Presiden JFK.

Sebelum hadir di Met Gala 2022, Kim Kardashian menghabiskan waktunya selama 14 jam berturut-turut untuk memutihkan rambutnya menjadi warna putih. Kim Kardashian jelas menyukai tantangan dari momen mode yang rumit untuk dilakukan.

Di antara gaun Mugler "basah" yang sangat tipis, yang ia kenakan di tahun 2019 dan outfit super misterius bergaya dari Balenciaga Zentai yang ia kenakan tahun lalu, terlihat Kim Kardashian bekerja sangat keras untuk setiap momen Met Gala. Namun, penampilannya tahun ini, memperlihatkan Kim Kardashian memiliki tingkat komitmen dan perencanaan yang baru.

 

 

Sejarah gaun ikonis Marilyn Monroe

Berdasarkan sketsa Bob Mackie untuk desainer kostum Hollywood kelahiran Prancis Jean-Louis, gaun ini memang sempat menimbulkan kegemparan saat Marilyn Monroe mengenakannya untuk menyanyikan lagu "Happy Birthday" untuk Presiden John F. Kennedy pada ulang tahunnya yang ke-45, di tahun 1962. Dalam cuplikan film singkat pertunjukkan tersebut, kamu bisa melihat penonton yang terkesiap saat Marilyn Monroe melepaskan mantel bulu putihnya untuk mengungkapkan tampilan tembus pandang berkilau yang dihiasi oleh lebih dari 6.000 kristal.

Gaun ini adalah bentuk mode klasik saat itu. Marilyn Monroe dikatakan telah membayar Jean-Louis sebesar 1.440 Dolar untuk gaun tersebut, yang pertama kali dijual di lelang pada tahun 1999 seharga lebih dari satu juta dolar.

Lalu, pada tahun 2016, gaun tersebut dijual seharga 4,8 juta Dolar dan diakuisisi oleh Ripley's Believe It Or Not Museum. Sampai hari ini, gaun tersebut memegang rekor sebagai gaun termahal yang dijual di lelang.

Proses fitting Kim Kardashian yang dramatis

Disimpan dalam lemari besi gelap yang dikendalikan pada suhu optimal 68 derajat dan kelembapan 40-50%, gaun bernilai jutaan dolar jarang terlihat tanpa ditutupi kain muslin, apalagi dikenakan oleh siapapun selain Marilyn Monroe. Sebelum Ripley's Believe It Or Not Museum setuju untuk meminjamkan gaun ini kepada Kim Kardashian, ia diundang mencoba replika gaun untuk mencocokkan ukuran, dan saat itu, ukurannya sangat cocok.

Sayangnya, fitting kedua tidak berjalan sesuai rencana, ukuran gaun sebenarnya tidak cocok dengan tubuh Kim Kardashian dan ia harus menggunakan sarung tangan untuk mencobanya. Saat itu, hanya ada 2 pilihan, Kim Kardashian harus langsing atau ia harus mencari gaun lain untuk dipakai.

Berminggu-minggu setelahnya, Kim Kardashian menjalani diet ketat, ia mengenakan pakaian sauna 2 kali sehari, berlari di treadmill, dan benar-benar menghilangkan semua gula dan karbohidrat, serta hanya makan sayuran dan protein bersih. Mengingat sifat rapuh dan nilai sejarah gaun tersebut, Kim tidak mau mengambil risiko.

Seluruh proses pemakaian gaun ini juga seperti operasi militer, Kim meninggalkan hotelnya dengan gaun ganti yang dijaga ketat agar mengaburkan paparazzi, ia tiba di kamar pas kecil di dekat tangga Met Gala yang secara khusus memang diatur untuk acara ini. Di sini, seorang konservasionis dari Ripley's Believe It Or Not Museum siap membantu Kim dengan sarung tangan putihnya.

"Saya sangat menghormati gaun ini dan artinya bagi sejarah Amerika, saya tidak akan pernah duduk atau makan saat mengenakan gaun ini dan saya tidak akan memakai riasan tubuh seperti yang biasa saya lakukan," kata Kim Kardashian.

Ternyata, ini bukan satu-satunya penampilan ikonis Marilyn Monroe yang pernah dilakukan oleh Kim Kardashian. Kim juga pernah mengenakan gaun Marilyn Monroe saat menghadiri Oscar pada tahun 1962.

What's On Fimela
Loading