Sukses

Fashion

Pakai Gaun Ikonik Marilyn Monroe di Met Gala 2022, Kim Kardashian Dikritik Sejarawan

Fimela.com, Jakarta Kim Kardashian mengejutkan publik dengan penampilannya yang dramatis di Met Gala 2022 yang digelar Senin (2/5/2022) waktu Amerika Serikat. Dia memutuskan bertransformasi menjadi Marilyn Monroe tahun ini.

Di karpet merah Met Gala 2022, Kim Kardashian terlihat mengenakan gaun ikonik Marilyn Monroe. Gaun itu dianggap penting dalam sejarah Amerika karena dipakai saat menyanyikan “Happy Birthday Mr. President” untuk John F. Kennedy pada 1962.

Namun sayangnya, penampilan Kim Kardashian mengenakan gaun ikonik Marilyn Monroe tersebut menjadi kontroversi. Justine De Young, professor sejarah mode di Fashion Institute of Technology mengkritik penampilan Kim Kardashian yang dinilai tidak bertanggung jawab dan tidak perlu dilakukan.

Menurutnya, Kim Kardashian seharusnya bisa memesan gaun replika yang sangat mirip dengan aslinya. Alih-alih mengenakan gaun aslinya yang berisiko mengalami kerusakan. Seperti yang diketahui, selama ini gaun ikonik Marilyn Monroe tersebut telah disimpan di museum Ripley’s Believe It or Not! Florida, Amerika Serikat.

“Dia bisa, dan memang, memesan replika yang sangat mirip dengan aslinya. Gaun ikonis yang merupakan bagian dari sejarah Amerika tak seharusnya mendapat risiko kerusakan hanya untuk membesarkan ego dan untuk foto-foto,” kata dia.

 

Kritik Soal Upaya Diet Kim Kardashian

Justine juga mengomentari upaya diet Kim Kardashian agar bisa muat mengenakan gaun Marilyn Monroe tersebut. Karena gaun rancangan desainer Jean-Louis memiliki desain yang sangat ketat.

“Diet terburu-buru agar sesuai dengan gaun aslinya juga merupakan pesan yang kurang baik, mengenai memaksakan (gambaran) ideal yang ada pada tahun 1960-an dengan yang ada sekarang,” kata dia.

Justine bukan satu-satunya pakar yang mengkritik penampilan Kim Kardashian di Met Gala 2022. Sejarawan dan kolektor Monroe, Scott Fortner juga mengatakan alasan penampilan Kim Kardashian mengkhawatirkan.

“Meskipun saya memahami daya tarik keinginannya mengenakan gaun ikonis seperti itu, tidak dapat diabaikan bahwa siapapun selain Marilyn Monroe yang mengenakan gaun ‘Happy Birthday Mr President; yang terkenal mungkin menjadi perhatian karena beberapa alasan,” kata Fortner.

Fortner juga menambahkan, gaun tersebut bukan gaun biasa. Melainkan gaun yang dirancang khusus untuk Marilyn Monroe oleh desainer pemenang Academy Award Jean-Louis, yang telah merancang kostum untuk dua film terakhir Marilyn: The Misfits dan Something’s Got To Give.

“Marilyn berdiri telanjang untuk gaun itu benar-benar terpahat di tubuhnya agar sesuai dengan setiap lekuk tubuh,”

“Dalam hal ini, ukuran Kim Kardashian agak berbeda dari Marilyn, secara logis bisa diasumsikan bahwa kain dan jahitannya bisa tertarik,” lanjutnya

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading