Sukses

Fashion

Cara Mudah Cuci Pakaian Berbahan Fleece Yang Bisa Kamu Ikuti

Fimela.com, Jakarta Fleece adalah bahan dasar untuk pakaian hingga selimut dengan berbagai macam warna, ukuran, serta model. Bahan fleece juga dikenal dengan bahan tahan air, hangat ketika sedang berada di suhu dingin hingga mudah dibersihkan. Bahan fleece ini juga dibuat oleh bahan baku polyester dan lebih sering menggunakan bahan yang mudah didaur ulang. Penjahitan kain berbahan fleece ini terkenal akan dua sisinya ketika dikenakan pada pakaian. Bagian dalamnya memiliki sisi yang lembut sedangkan bagian luarnya amatlah ringan.

Sayangnya terkadang serat pada pakaian yang berbahan fleece juga dapat rusak maupun membentuk gumpalan hingga jahitan yang lepas. Biasanya hal ini terjadi karena salah dalam mencuci ataupun terlalu panas ketika menyetrikanya.

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa menggunakan air yang tepat, hindari panas yang berlebih. Masih bingung cara mencucinya? Berikut cara mencuci pakaian berbahan fleece dari the Spruce yang bisa kamu ikuti.

Peralatan yang dibutuhkan

Peralatan yang dibutuhkan 

  1. Mesin cuci 
  2. Bak cucian yang bersih
  3. Wadah seperti ember untuk mencuci 
  4. Sikat lembut khusus pakaian (opsional) 
  5. Hanger atau gantungan untuk pakaian
  6. Pengering baju yang aman untuk pakaian berbahan fleece (opsional) 

Bahan untuk mencuci pakaian berbahan fleece 

  1. Deterjen dengan kandungan yang aman untuk kain 
  2. Baking soda

Cara mencuci pakaian berbahan fleece di mesin cuci

  1. Baca petunjuk pakaian untuk memastikan apakah bajumu dapat dicuci di mesin cuci. Hal ini dikarenakan ada beberapa pakaian perlu perhatian khusus.
  2. Hindari mencuci pakaian berbahan fleece dengan bahan-bahan yang mudah ‘menempel’ pada pakaian fleece seperti kain katun maupun handuk berbahan katun lainnya. Tidak hanya itu, bulu pada hewan peliharaan juga mudah menempel pada kain fleece. Alangkah baiknya kamu melihat kembali pada pakaian berbahan fleece apakah sudah ‘dibersihkan’ dari serat-serat dan bulu yang menempel.
  3. Gunakan pencuci pakaian yang aman untuk kain fleece seperti ivory snow. Jangan gunakan pelembut kain, sebisa mungkin juga atur air sehangat mungkin. Jika air terlalu panas, serat kain fleece akan mudah rusak
  4. Atur kecepatan putaran mesin cuci dengan kecepatan normal. Adapun jika pakaianmu memiliki bahan kain fleece yang ‘berat’, kamu bisa gunakan putaran permanen yang memiliki putaran berkecepatan rendah serta penyejuk. Diamkan saja selama 30 hingga 50 menit.
  5. Keringkan pakaian dengan menggunakan hanger di ruangan terbuka atau jemuran yang langsung terkena sinar matahari.
  6. Jangan menggunakan pengering pakaian ataupun pengering lainnya dengan suhu tinggi sebab akan membuat serat-serat kain fleece pada pakaian menjadi rontok.

Cara mencuci pakaian berbahan fleece dengan tangan

  1. Gunakan ember berukuran sedang dan pastikan seluruh bagian pakaian dapat tertutup dengan air.
  2. Isi ember dengan air hangat kemudian tambahkan 1 sendok teh deterjen pada air. 
  3. Masukkan pakaian ke dalam air dan biarkan selama 20 menit, peras secara pelan untuk menghilangkan kotoran pada kain, hindari memperas terlalu keras agar serat kain tetap terjaga.
  4. Bilas pakaian dengan air dingin dan pastikan sisa-sisa sabun dan kotoran sudah terbuang. Dan peras dengan pelan.
  5. Keringkan pakaian sama seperti mengeringkan pakaian yang dicuci di mesin cuci. Kamu bisa jemur di ruangan terbuka yang terkena sinar matahari.

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Timeless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading