Sukses

Fashion

5 Cara Merawat Kebaya Bludru Agar Tidak Kusam dan Kusut

Fimela.com, Jakarta Kebaya bludru adalah salah satu jenis kebaya yang terbuat dari bahan bludru. Bludru merupakan jenis kain yang terbuat dari serat katun dengan tekstur yang lembut dan halus. Salah satu hal yang membuat kebaya bludru begitu menarik adalah keindahan dan keunikan corak serta warna yang dimilikinya.

Bludru sering kali dihiasi dengan bordiran atau payet yang memperkaya tampilan kebaya. Warna-warna yang digunakan dalam kebaya bludru biasanya tajam dan kontras, menambah keindahan dan kesan mewah pada kebaya tersebut. Corak yang digunakan juga cenderung klasik dan elegan, membuat kebaya bludru cocok dipakai dalam acara formal seperti pernikahan, pesta, atau acara resmi lainnya.

Biasanya, kebaya bludru digunakan dalam acara-acara formal seperti pernikahan, pesta, atau acara resmi lainnya. Bagi penggemar kebaya bludru, merawat kebaya bludru merupakan hal penting agar keindahan dan keawetan kain tetap terjaga. Kesalahan dalam mencuci atau merawat kebaya bludru, akan membuat kain terlihat kusut. Berikut cara merawat kebaya bludru:

Cara Merawat Kebaya Bludru

1. Hindari pencucian dengan mesin cuci

Kebaya bludru sebaiknya tidak dicuci menggunakan mesin cuci. Proses pencucian yang terlalu kasar dapat merusak serat kain bludru dan merubah bentuk kebaya. Sebaiknya, cucilah kebaya bludru secara manual menggunakan air dingin atau suam-suam kuku dan detergent yang lembut. Jangan menggosok kebaya terlalu keras agar kain tidak menjadi rusak.

2. Hindari sinar matahari langsung

Bludru rentan terhadap paparan sinar matahari langsung yang dapat menyebabkan warna kain memudar. Simpan kebaya bludru di tempat yang teduh atau gunakan penutup khusus untuk melindunginya dari sinar matahari.

3. Jaga kebaya bludru dari noda

Bludru memiliki sifat yang mudah menyerap noda, terutama noda berminyak. Hindari kontak langsung kebaya bludru dengan makanan atau minuman berminyak. Jika terkena noda, segera bersihkan dengan tisu atau kain lembut yang telah direndam dalam air dingin. Hindari penggunaan deterjen yang mengandung pemutih agar warna pada kebaya bludru tetap terjaga.

Cara Merawat Kebaya Bludru

4. Simpan dengan hati-hati

Untuk menyimpan kebaya bludru, lipat dengan hati-hati agar tidak terjadi goresan atau robekan pada kain. Hindari penyimpanan dalam kondisi yang lembap agar kebaya tidak berjamur. Gunakan gantungan baju anti-slip dengan bahu bulat untuk menjaga bentuk kebaya. Jika memungkinkan, gunakan kantung kain atau tisu antara lapisan kebaya untuk mencegah gesekan dan menjaga kebersihan.

5. Hindari penggunaan pewarna

Jika kebaya bludru mengalami noda atau kehilangan warna, hindari menggunakan pewarna sendiri. Sebaiknya, serahkan perbaikan atau pewarnaan pada ahli penjahit atau tukang cuci yang terpercaya. Mereka dapat memberikan perawatan yang tepat untuk menjaga keindahan kebaya bludru.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading