Sukses

Fashion

5 Langkah Mudah Mencuci Jaket Bulu agar Tetap Lembut dan Awet

Fimela.com, Jakarta Walaupun Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang suhu rata-rata tahunannya hangat. Tapi penggunaan pakaian hangat bukan lagi asing di sini. Pakaian hangat kadang menjadi pilihan tepat saat cuaca sedang dingin. Atau hanya sebagai penyempurna penampilan, salah satunya adalah jaket bulu.

Bulu palsu pada jaket bulu lebih tahan terhadap perubahan suhu dan kelembaban saat disimpan. Tapi tidak menutup kemungkinan jaket bulu bisa rusak karena kesalahan saat merawatnya. Beberapa merek jaket bulu memiliki label perawatan di bagian belakangnya. Bagi yang tidak ada, berikut Fimela telah rangkumkan cara mencuci jaket bulu untuk Sahabat Fimela:

1. Buat Rendaman Air dan Detergen

Gunakan soft detergen (detergen lembut) untuk mencuci jaket bulu untuk menghindari kerusakan bulu. Gunakan wadah seperti bak atau ember untuk mencampurkan air dengan detergen lembut. Isi bak dengan air dingin dan tuangkan 1-2 sendok detergen lembut.

2. Rendam Sambil Kucek Lembut

Rendam jaket bulu di campuran air dingin detergen. Pastikan jaket bulu sepenuhnya terendam larutan detergen.  Aduk jaket bulu dan rendaman hingga tercipta busa. Setelah itu kucek jaket dalam rendaman selama 10-15 menit. Perlu diingat untuk mengucek jaket dengan lembut untuk menghindari kerusakan  bulu.

3. Peras dan Bilas

Setelah dirasa cukup bersih. Peras jaket secara perlahan setelah dikeluarkan dari air rendaman. Peras secara lembut dan perlahan agar air sabun keluar sebanyak mungkin. Setelah itu kuras bak rendaman tadi dan isi kembali dengan air bersih. Bilas jaket bulu di air bersih sampai tidak ada busa yang tersisa di bulu-bulunya.

4. Kurangi Kelebihan Air

Setelah di bilas, pastikan jaket bulu untuk benar-benar tidak menyisakan air. Peras lagi jaket bulu dengan lembut. Atau bisa juga dengan menggulung bulunya dengan handuk mandi yang tebal. Ini akan menekan jaket bulu untuk mengeluarkan air.

5. Keringkan

Biarkan jaket bulu mengering dengan meletakkannya di rak pengering atau menggantungnya di tempat yang terkena angin. Hindari menjemurnya langsung di bawah sinar matahari. Tidak lupa dengan meratakan posisi bulu agar tidak timbul bekas remasan setelah dicuci. Kira-kira butuh 24-48 jam agar jaket bulu benar-benar kering.

Nah sekarang Sahabat Fimela sudah mengetahui cara mencuci jaket bulu dengan mudah. Perlu diingat untuk tidak memakai jaket bulu sebelum benar-benar kering agar bulu tidak rusak dan menimbulkan bau tidak sedap. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mempraktikkan di rumah!

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading