Sukses

Lifestyle

Cara Mencuci Handuk Agar Tetap Bersih dan Awet

Fimela.com, Jakarta Tahukah Sahabat Fimela kalau kebersihan handuk memegang peran yang penting untuk kesehatan kulit? Apabila handuk kotor dan digunakan terus menerus, tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan penyakit kulit seperti gatal-gatal dan iritasi.  Oleh karena itu penting untuk mencuci handuk 2 kali dalam seminggu.

Mencuci handuk tidak boleh asal. Ada beberapa hal yang perlu diketahui. Dilansir dari laman realsimple.com, inilah cara mencuci handuk agar tetap bersih dan awet yang perlu Sahabat Fimela ketahui.

 

1. Cuci dengan Detergen

Dengan Tangan

Rendam handuk dengan rendaman air hangat atau panas dan detergen. Gunakan pemutih untuk handuk putih dan pencerah kain alami seperti natrium perkabonat untuk handuk berwarna. Ini untuk menghindari lunturnya warna handuk. Setelah direndam selama 30 menit cuci handuk seperti mencuci pakaian biasa. Tapi dengan catatan untuk tidak mencucinya terlalu kasar agar tidak merusak kain handuk.

Dengan Mesin Cuci

Jangan penuhi mesin cuci dengan cucian lainnya saat mencuci handuk. Proses pencucian tidak akan maksimal dan handuk tidak bisa terbilas secara sempurna. Dan berdampak buruk bagi kesehatan kulit, contohnya adalah gatal-gatal. Pastikan untuk memisah handuk putih dan berwarna. Gunakan air hangat atau panas  untuk mencuci handuk. Tidak lupa pemutih untuk handuk putih dan pencerah kain untuk handuk berwarna

2. Gunakan Cuka untuk Melembutkan

Jika ingin handuk menjadi lebih lembut, gunakan pelembut kain sesuai dengan ketentuan saat mencuci. Apabila ingin hasil yang maksimal, Sahabat Fimela dapat menggunakan 1/4 cangkir cuka putih saat mencuci handuk. Tidak hanya untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel di handuk, cuka putih juga berperan aktif dalam melembutkan handuk.

3. Kibaskan dan Keringkan Handuk

Sebelum dikeringkan, peras dan kibaskan handuk untuk mengurangi kadar air di handuk setelah dicuci. Handuk yang basah membutuhkan waktu lebih lama untuk dikeringkan. Selain itu, handuk basah yang langsung dikeringkan berpotensi membuat handuk lebih kusut dan lebih bertekstur keras saat kering.

Normalnya, handuk mandi aman digunakan selama 3-4 hari sebelum dicuci. Handuk perlu dicuci untuk menjaga kebersihannya dan agar tetap awet. Oleh karena itu, direkomendasikan setiap orang memiliki 2 handuk pribadi untuk berganti. Semoga informasi tadi bermanfaat untuk Sahabat Fimela ya!

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading