Sukses

Lifestyle

Nicholas Saputra Ditunjuk jadi Duta Bakti BCA, Ini Sederet Tugasnya

Fimela.com, Jakarta PT. Bank Central Asia Tbk (BCA) luncurkan kampanye #BuktiBaktiBCA sekaligus menunjuk Nicholas Saputra sebagai dutanya. Bakti BCA sendiri merupakan wujud komitmen dari bank swasta terbesar di Indonesia ini untuk memberikan dampak positif bagi segala aspek kehidupan. 

Penunjukkan Duta Bakti BCA yang dilakukan bersamaan dengan peluncuran kampanye #BuktiBaktiBCA  merupakan bentuk strategi edukasi perusahaan, untuk meningkatkan kesadaran dan keterlibatan  banyak pihak dalam menciptakan dampak sosial positif. 

Dampak positif yang berkelanjutan harus diciptakan  mulai dari skala individu, masyarakat, dan ekosistem. Kolaborasi berbagai pihak adalah faktor penting  untuk mewujudkan impian pembangunan berkelanjutan Indonesia, dan hal ini kami upayakan  berlangsung di bawah ‘payung’ Bakti BCA.” ujar Direktur BCA Antonius Widodo Mulyono 

Nicholas Saputra telah lama dikenal sebagai selebritas yang aktif menyuarakan kepeduliannya terhadap isu-isu sosial dan lingkungan. Sebagai Duta  Bakti BCA, Nicholas Saputra akan terlibat dalam berbagai kegiatan sosial Bakti BCA pada berbagai aspek  kehidupan, mulai dari pendidikan, kesehatan, pelestarian budaya.

Kegiatan Bakti BCA mencakup berbagai bidang, seperti pendidikan (Bakti Pendidikan), kesehatan (Bakti  Kesehatan), budaya (Bakti Budaya), pemberdayaan masyarakat (Desa Bakti BCA), serta lingkungan (Bakti  Lingkungan). 

Pada setiap bidang, BCA memiliki program-program khusus untuk mendukung upaya upaya meningkatkan kualitas hidup dan pembangunan berkelanjutan. Lebih lanjut berikut penjelasan selengkapnya.

5 Pillar #BuktiBaktiBCA

Bakti Pendidikan 

BCA turut berkontribusi dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkualitas di bidang pendidikan demi memperkuat daya saing sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui berbagai program, seperti  pembinaan 20 Sekolah Bakti BCA, pelatihan guru di Indonesia Bagian Timur, dukungan terhadap  ekonomi digital berupa SYNRGY Accelerator & Academy, Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan  (PPBP) dan Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI), program vokasi melalui BCA Cash  Management Academy dan pengembangan kompetensi penyandang disabilitas.  

Bakti Kesehatan 

BCA mendukung pemberdayaan kualitas manusia bagi mereka yang membutuhkan melalui berbagai  program kesehatan. Perseroan menjadi salah satu funding partner dengan nilai dukungan mencapai US$1 juta dalam program percepatan penurunan angka penderita stunting dari BKKBN dan USAID bernama PASTI (Partnership to Accelerate Stunting Reduction in Indonesia).

Bakti Budaya 

BCA berkomitmen melestarikan beragam seni, budaya, dan tradisi nusantara melalui penyelenggaraan  pertunjukan dan pengembangan berbagai potensi dalam program Wayang for Students, Nusantara  Academic Writing Award (NAWA), Satu dalam Cita “Sudamala”, Pagelaran Jazz Gunung, dan dukungan kegiatan kebudayaan lainnya.

Desa Bakti BCA 

Sejak 2012, BCA telah memberikan berbagai layanan dan program khusus untuk mengembangkan potensi SDM di berbagai desa, termasuk bantuan keuangan, pelatihan, membuka akses layanan perbankan bagi masyarakat, dan penyediaan fasilitas untuk pengembangan ekonomi lokal. Per akhir 2023, BCA memberikan pembinaan terhadap 26 desa wisata, meliputi 14 desa binaan dan 12 desa mitra  kolaborasi Bakti BCA dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022-2023. Sejumlah Desa Bakti BCA telah menerima berbagai penghargaan berskala nasional maupun internasional. Terkini, Desa Wisata Taro dan Desa Wisata Hijau  Bilebante meraih penghargaan Best Tourism Village kategori Update Programme dari UNWTO (United  Nations World Tourism Organization) pada 2023. 

Total 403 tenaga kerja paruh dan penuh waktu di 14 desa binaan sudah terserap, dan lebih dari 1.500  pelaku usaha mengikuti pembinaan sertifikasi halal, ekspor, serta perluasan akses pasar melalui  onboarding di berbagai marketplace. Sepanjang 2023, pendapatan total desa wisata binaan BCA  mencapai Rp8,4 miliar atau tumbuh 108,7% secara tahunan. BCA menghadirkan kemudahan pemesanan  tiket paket wisata Desa Wisata binaan Bakti BCA melalui fitur “Lifestyle” di BCA mobile. 

Bakti Lingkungan 

BCA berkomitmen mendukung pemerintah dalam pelestarian lingkungan demi menciptakan kehidupan  yang lebih baik dan berkelanjutan melalui berbagai program, seperti rehabilitasi & pelepasliaran orangutan, konservasi penyu, konservasi macan tutul, dan penanaman pohon. Selain dampak ekologi,  program-program tersebut juga memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat, salah satunya melalui terbukanya kesempatan kerja di sekitar area konservasi dan penanaman pohon. Selain itu Bakti  BCA juga berinisiatif dalam melakukan pengelolaan sampah melalui penyediaan mesin daur ulang Bakti  BCA serta pembuatan rumah kompos.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading