Sukses

Food

5 Kesalahan yang Membuat Ayam Goreng tidak Crispy

Fimela.com, Jakarta Ayam goreng crispy merupakan salah satu makanan favorit keluarga terutama anak-anak. Biasanya ibu-ibu memilih untuk membeli ayam crispy daripada masak sendiri karena tidak akan serenyah kalau beli di luar.

Nah, sahabat fimela penasaran tidak kenapa ayam crispy yang buat sendiri di rumah tidak serenyah kalau kamu beli? Kira-kira kesalahan apa yang kamu buat saat memasaknya ya? Yuk, simak infonya di bawah ini.

1. Langsung goreng setelah keluar dari freezer

Untuk membuat ayam goreng crispy kamu harus menunggu selama 1 jam setelah keluar dari freezer sampai ayam tidak keras lagi. Karena jika memburu-buru menggoreng ayam yang baru keluar dari freezer, daya serap daging ayam akan berkurang dan minyak goreng cepat dingin sehingga tidak bisa menggoreng secara maksimal. Jadi sahabat fimela harus menyediakan waktu lebih untuk membuat ayam crispy ya!

2. Kurang Bumbu

Kesalahan selanjutnya adalah kurangnya waktu pelumuran daging dengan bumbu atau garam. Baiknya, biarkan daging ayam merusak bumbu yang sudah dicampur sampai 4 jam. Alasannya agar bumbu dapat meresap pada daging dan supaya daging terasa lembut dan empuk ketika dimakan.

3. Melumuri ayam dengan tepung yang salah

Untuk melumuri ayam, sahabat fimela harus memperhatikan urutan pelapisan ayam dengan tepung agar hasilnya crispy dan tidak mengecewakan. Setelah daging diberi garam, lumurilah daging dengan telur yang sudah dikocok. Setelah itu, campurkan ayam dengan adonan tepung yang dicampur air. Terakhir,bungkuslah daging dengan tepung kering. Biarkan beberapa detik sehingga tepung benar-benar meresap. Setelah itu, goreng ayam yang sudah dilumuri dengan tepung pada wajan yang berisi minyak.

4. Goreng ayam dengan minyak terlalu panas

Kesalahan berikutnya adalah menggoreng ayam dengan minyak terlalu panas. Agar cepat matang biasanya sahabat fimela sering memasukkan ayam ke dalam minyak yang terlalu panas. Padahal hal itu tidak baik lho! Karena ayam digoreng justru belum matang saat tepungnya sudah kecoklatan. Jadi perhatikan tingkat kepanasan minyaknya ya!

5. Mengeringkan ayam dengan tisu

Kesalahan terakhir yang sering terjadi agar ayam goreng cepat kering tidak berminyak adalah mengeringkan ayam dengan tisu. Padahal jika ayam bersentuhan dengan tisu akan menyebabkan daging ayam menjadi lembek. Karena daya serap tisu yang terlalu tinggi. Sebaiknya gunakan rak kawat untuk mengeringkan ayam agar crispynya bertahan lama.

So, itu dia 5 kesalahan yang membuat ayam goreng tidak crispy. Kalau sahabat fimela ingin membuat ayam goreng crispy, perhatikan kesalahan-kesalahan di atas yaa! agar hasil ayam gorengnya menjadi crispy dan renyah.

Ditulis: Adjeng Dwi Fitriani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading