Sukses

Food

4 Cara Membuat Sawut Singkong yang Empuk dan Tidak Menggumpal

Fimela.com, Jakarta Jika punya singkong di rumah, boleh nih mencoba mengolahnya menjadi sawut. Sawut merupakan makanan yang terbuat dari singkong yang diserut dan dikukus bersama gula merah. Jajanan tradisional ini cocok sekali dibuat camilan keluarga di rumah.

Tapi terkadang jika salah mengolahnya, sawut bisa kurang empuk dan bahkan menggumpal dan lembek sehingga kurang enak saat disantap. Untuk menghindari hal-hal tersebut, ini sekian cara membuat sawut singkong yang empuk dan tidak menggumpal.

1. Memilih singkong yang baru

Pertama-tama yang harus diperhatikan sebelum membuat sawut adalah pilih singkong yang masih segar atau baru dicabut dari tanah. Singkong yang baru akan menjamin teksturnya tidak keras, terlalu kenyal atau bahkan busuk.

2. Merendam singkong sebelum diolah

Setelah dikupas, singkong sebaiknya direndam dahulu selama kurang lebih 30 menit untuk jaga-jaga jika singkong keras sekaligus membuat singkong lebih empuk karena menyerap air di sekitarnya. Setlah itu baru diserut.

3. Aduk sesekali ketika dikukus

Campurkan sawut dengan gula merah sebelum dikukus. Setelah dikukus pun, sesekali buka dan aduk sawut agar gulanya merata. Jika gula tidak merata, rasanya juga kurang enak saat disantap.

4. Jangan mengukus terlalu lama

Ini kunci penting yang harus diperhatikan, jangan mengukus terlalu lama karena sawut akan menjadi terlalu lunak dan bahkan lengket menggumpal ketika diangkat. Sedangkan seharusnya sawut memiliki tekstur empuk namun tetap terlihat serutannya.

Itu dia sekian cara membuat sawut singkong yang empuk dan teksturnya tidak menggumpal. Semoga bermanfaat.

 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading