Sukses

Food

4 Penyebab Roti Tidak Mengembang Sempurna yang Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Salah satu aktivitas santai untuk mengisi waktu luang di hari libur yang sering dilakukan banyak orang adalah membuat dan memasak makanan. Tidak perlu menu makanan yang berat, membuat roti empuk saja sudah jadi kegiatan yang menyenangkan. 

Jika kamu pandai memasak, maka roti yang kamu buat harusnya mengembang secara sempurna, matang, dan wangi. Namun, apa jadinya jika roti yang kamu buat justru menjadi bantat atau kempes karena gagal mengembang? 

Ya, beberapa orang yang hobi memasak atau membuat makanan kadang tidak menyadari kesalahan-kesalahan kecil yang mereka buat sehingga adonan tidak jadi mengembang. Lalu, apa saja penyebab roti tidak bisa mengembang secara sempurna?

Berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 4 penyebab roti tidak mengembang sempurna yang jarang disadari. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Menggunakan Ragi yang Sudah Kering

Kesalahan pertama yang menyebabkan adonan roti tidak mengembang adalah karena ragi yang kamu gunakan sudah lama dan kering. Pasalnya, menggunakan ragi yang sudah kering akan membuat adonan roti tidak mengembang.

Sebaiknya pakai ragi kering yang masih baru beli, jangan pakai yang sudah mendekati tanggal kedaluwarsa atau terlalu lama disimpan. Sebelum mencampur ragi kering dengan tepung, sebaiknya kamu juga memeriksa terlebih dahulu kondisi raginya, masih aktif atau tidak.

Caranya mudah saja, kamu hanya perlu mencampurkan 1 saset ragi kering dengan 1/2 cup air hangat dan 1 sdt gula. Kemudian aduk sebentar dan tunggu selama 5-10 menit. Bila setelah didiamkan muncul banyak gelembung, itu tandanya ragi masih aktif.

 

2. Air yang Direbus Terlalu Panas

Masih ada hubungannya dengan kesalahan pertama, untuk memastikan apakah ragi masih aktif dan layak untuk digunakan, kamu seharusnya menggunakan air hangat dengan suhu 40-46 derajat celsius.

Jika kamu menggunakan air dengan suhu di atas 46 derajat celsius alias terlalu panas, hal itu akan mematikan ragi dan tidak bisa membuat adonan mengembang.

3. Menggunakan Garam Terlalu Banyak

Hal lain yang juga perlu diperhatikan saat membuat roti agar adonannya dapat mengembang secara sempurna adalah penggunaan takaran garam. Garam merupakan bahan makanan yang mampu mematikan kemampuan ragi untuk mengembang.

Bila memerlukan garam, pastikan untuk mengukurnya dengan tepat. Selalu ingat untuk tidak menambahkan garam bersamaan dengan campuran ragi. Lebih baik campurkan garam setelah adonan tepung terbentuk.

4. Menggunakan Terlalu Banyak Tepung

Terakhir, kesalahan lainnya yang juga menyebabkan adonan roti tidak mengembang adalah karena terlalu banyak menggunakan tepung. Pasalnya, terlalu banyak mencampurkan tepung ke dalam adonan akan membuat adonan menjadi padat dan kering.

Sementara untuk membuat roti yang mengembang sempurna, kamu memerlukan adonan yang sedikit lengket dan elastis. Untuk mengantisipasinya, maka sebaiknya kamu menimbang terlebih dahulu takaran tepung yang hendak kamu gunakan. Ketika menguleni adonan pun, tambahan tepung jangan terlalu banyak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading