Sukses

Food

5 Penyebab Bolu Kukus Bantat dan Tips Anti Gagalnya

Fimela.com, Jakarta Bolu kukus merupakan salah satu makanan yang digemari oleh banyak orang, selain itu resep membuat bolu kukus sensiri tidak terlalu berbeda dengan cara membuat bolu pada biasanya.

Ada beberapa perbedaan yang mendasar dan hanya pada komposisi air yang digunakan, memperhatikan tepung yang digunakan, dan lama waktu untuk di kukus. Namun, seringkali dapat terjadi kegagalan dalam pembuatannya.

Kegagalan dalam pembuatan bolu kukus inilah yang perlu kamu perhatikan, meskipun sering gagal dalam  pembuatan bolu kukus ada baiknya jika kamu mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Berikut beberapa penyebab bolu kukus bantat yang mungkin kamu alami:

1. Kualitas Bahan

Pastikan ketika kamu akan memasak bolu kukus untuk memperhatikan bahan resep yang bekualitas, selain itu kamu perlu mengecek masa kadaluarsanya, seperti telur atau tepung yang digunakan sudah sesuai atau belum. Jika kamu menggunakan telur yang baru saja keluar dari kulkas ada baiknya untuk menyesuaikan dengan suhu ruangan.

2. Peralatan

Siapkan semua bahakn peralatan seperti cetakan bolu kukus, tutup yang menggunakan paper bag. Selain itu pastikan peralatan yang akan kamu gunakan dalam keadaan yang bersih dan memperhatikan tidak ada bahan lain dari resep bolu kukus yang menempel sebelumnya.

3. Soda Manis

Banyak bahan cair yang dapat digunakan untuk membuat bolu kukus, seperti air, susu, santan, maupun air soda manis. Akan tetapi, jika kamu menginginkan resep bolu kukus yang dibuat untuk menghasilkan bolu yang mekar dan empuk ada baiknya untuk menggunakan air soda manis.

4. Gula dan Kocokan Telur

Terkadang waktu  yang dibutuhkan untuk mencapur beberapa gula dan telur dapat menggunakan mixer untuk mendapatkan kekuatan dan kecepatan tinggi yang relative daripada harus menggaduknya secara manual. Kocok telur hingga adonan mengambang sempurna, kental dan berwarna putih bersih merupakan salah satu ciri-ciri yang dapat dilihat jika adonan resep bolu kukus yang sempurna dan dapat dibalik dengan baik.

5. Waktu Mengukus

Saat Mengukus, jangan lupa untuk membungkus penutup kukusan dengan kain dan sejenisnya. Hal ini ternyata dapat membuat uap air yang mengepul tidak jatuh kembali ke dalam adonan, sehingga dapat membuat adonan menjadi matang secara merata dan mengembang dengan sempurna.

Tips Membuat Bolu Kukus Anti Bantat

  • Menghindari melakukan modifikasi resep.
  • Memanaskan cetakan bolu kukus terlebih dahulu.
  • Menuangkan adonan secara penuh ke dalam cetakan.
  • Ada baiknya sebelum memasak untuk memasukkan adonan, dan panaskan panci menggunakan air yang bersih.
  • Jangan meletakkan banyak cetakan ke dalam panci.

Ada banyak penyebab yang dapat membuat bolu kukus menjadi bantat, seperti komposisi, cetakan, atau waktu mengukusnya. Untuk itu kamu perlu memperhatikan bahan dan cara memasaknya agar mendapatkan bolu kukus yang sempurna.  

What's On Fimela
Loading