Sukses

Food

Apa Itu Tepung Terigu dan Tepung Gandum?

Fimela.com, Jakarta Serupa tapi tak sama, banyak orang mungkin bertanya-tanya, apa itu tepung terigu dan tepung gandum? Dari namanya saja berbeda, jadi pasti ada banyak hal yang membuat keduanya dinamakan berbeda.

Secara umum, baik tepung terigu maupun tepung gandum terbuat dari gandum. Tapi ada beberapa hal yang membedakan keduanya.

Tepung terigu

Tepung terigu adalah tepung yang terbuat dari biji gandum yang digiling sampai teksturnya berubah halus dan warnanya putih bersih dengan sedikit warna kekuningan yang tidak kentara. Tepung terigu sendiri dibedakan menjadi tiga macam protein, yaitu tepung teirgu protein rendah, sedang dan tinggi. Masing-masing memiliki fungsi atau kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Tepung terigu dibuat dari biji gandum yang sudah dipisahkan atau dikupas dari kulit arinya sehingga memiliki serat yang lebih rendah namun mampu menghasilkan olahan roti yang teksturnya lembut dan empuk. Karena terbuat dari biji gandum, tepung terigu memiliki nutrisi hampir sama dengan gandum, seperti karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral. Tepung terigu juga termasuk kategori tepung dengan kandungan gluten yang tinggi.

Tepung gandum

Tepung gandum adalah tepung yang terbuat dari gandum utuh yang digiling hingga lembut. Dari tampilannya saja tepung gandum sudah tampak berbeda, terutama warnanya yang coklat atau keruh kusam dan teksturnya yang lumayan kasar dibandingkan tepung terigu dan tepung jenis lainnya.

Karean gandum yang dipakai untuk membuat tepung gandum adalah gandum utuh tanpa dikupas kulit arinya, kandungan serat dan gizi tepung gandum lebih tinggi dibandingkan tepung terigu. Itu juga alasan roti gandum cenderung dipilih sebagai roti untuk 'orang diet'. Risikonya, saat dibuat menjadi roti, warnanya menjadi kecoklatan, dan teksturnya lebih kasar, kering dan bahkan agak keras.

Tepung terigu dan tepung gandum mungkin akan dianggap sama karena sama-sama terbuat dari biji gandum. Tapi ternyata jauh berbeda ya Sahabat Fimela.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading