Sukses

Food

5 Cara Membuat Kue Bolu Pandan Panggang yang Mudah dan Tidak Bantat

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Betapa menyebalkannya jika membuat kue tetapi hasilnya bantat. Kue bolu yang bantat biasanya disebabkan karena kurang tepat mencampurkan bahan-bahan yang ada. Hal ini juga bisa disebabkan karena alat masak yang digunakan rusak.

Kue bolu bisa diolah dengan panggang dan kukusan. Kedua cara memasak ini bisa menghasilkan kue bolu yang lezat. Walaupun kue bolu dari cokelat memiliki banyak penggemar, tetapi kue bolu pandan tak kalah menarik dan juga memiliki cita rasa yang sedap.

Sebenarnya cara membuat kue bolu pandan panggang ini sangat mudah. Asalkan memperhatikan takaran bahan yang tepat. Agar kue bolu pandan panggang tidak bantat, yuk simak artikel berikut ini:

Cara Membuat Kue Bolu Pandan Panggang

1. Bahan dan Alat Harus Kering

Cara membuat bolu pandan panggang yang pertama, perhatikan bahan dan alat yang harus digunakan terlebih dahulu. Jika sebelumnya Sahabat Fimela menyimpan bahan kue di dalam kulkas, sebaiknya keluarkan dari kulkas terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar bahan tidak dingin atau lembap. Lalu pastikan alat dan wadah yang digunakan sudah dikeringkan terlebih dahulu.

2. Gunakan Takaran yang Pas

Pastikan lihat resep membuat bolu pandan panggang yang benar. Kemudian gunakan takaran yang sesuai agar hasilnya pas dan tidak bantat. Ada baiknya menggunakan timbangan digital saat menakar bahan-bahan yang akan digunakan.

3. Ayak Bahan Terlebih Dahulu

Sebelum mencampurkan semua bahan untuk membuat adonan kue, ayak bahan-bahan terlebih dahulu. Bahan yang harus diayak adalah tepung terigu, gula halus, baking powder, susu bubuk dan bahan bubuk lainnya. Mengayak bahan-bahan ini dilakukan agar tidak ada bubuk yang menggumpal dan membuat kue jadi bantat.

4. Gunakan Mixer dengan Tepat

Pastikan menggunakan mixer dengan kecepatan yang tepat, sesuai dengan bahan yang di aduk. Saat mengaduk telur, gunakan mixer dengan kecepatan rendah atau sedang. Kemudian naikkan kecepatan mixer sedikit demi sedikit saat menambahkan bahan-bahan kering yang lainnya.

5. Panggang dengan Benar

Cara yang terakhir adalah memanasi oven terlebih dahulu sebelum digunakan untuk panggang kue. Lebih baik panasi oven selama 5 menit, kemudian masukkan loyang yang sudah diberi adonan ke dalam oven. Untuk hasil yang sempurna, gunakan loyang yang pendek. Loyang pendek bisa membuat bolu panggang matang dengan sempurna.

Waktu yang Tepat untuk Memanggang Kue Bolu Pandan

Sering kali kesalahan memilih loyang dan mengukur waktu memanggang bisa membuat kue bolu pandan panggang menjadi bantat. Sebaiknya perhatikan loyang yang akan digunakan, lalu gunakan waktu yang tepat untuk memanggang sesuai dengan loyang yang digunakan. Karena setiap loyang yang digunakan bisa berpengaruh terhadap kematangan bolu panggang.

Sebenarnya waktu standar yang digunaakn untuk memanggang adalah 30-40 menit saja. Untuk loyang dengan ukuran 20 x 3 cm, ukuran 22 x 3 cm, loyang bundt ukuran 3 liter, loyang bongkar pasang 25 cm, loyang ukuran 33 x 23 x 5 cm, dan loyang loaf 25 cm perlu waktu kurang lebih 30 hingga 40 menit saja. Jangan terlalu lama karena bisa membuat kue gosong dan teksturnya keras.

Sedangkan untuk loyang cupcake dengan 24 lubang, perlu durasi yang lebih singkat untuk memanggang. Loyang cupcake butuh kurang lebih selama 18 - 23 menit. Kemudian jika Sahabat Fimela menggunakan loyang ukuran 20 x 20 x 5 atau 23 x 23 x 5 cm dan loyang 38 x 25 x 3 cm, pangganglah dengan waktu 25 hingga 30menit saja.

Resep Bolu Pandan Panggang

Bahan-bahan:

  • 5 butir telur ayam
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sdt emulsifier
  • 200 gram tepung terigu serba guna
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • 20 gram susu putih bubuk
  • 1/2 sdt pasta pandan
  • 100 gram margarin, cairkan

Cara menggunakan:

  1. Langkah pertama kocok telur, gula pasir, dan emulsifier dengan mixer kecepatan sedang sampai kental dan mengembang.
  2. Setelah itu tambahkan tepung terigu, baking powder, susu bubuk, dan garam sambil di mixer terus.
  3. Matikan mixer dan tambahkan pasta pandan dan margarin. Aduk rata menggunakan spatula.
  4. Tuang adonan ke loyang yang sudah diolesi margarin dan ditaburi sedikit tepung terigu. Panggang selama 40 menit. Sajikan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Loading