Sukses

Food

3 Tips Membuat Steak dengan Tingkat Kematangan Well Done

Fimela.com, Jakarta Steak adalah makanan khas Western yang identik dengan daging sapi. Selain daging sapi, Sahabat Fimela juga bisa membuat steak dengan dada ayam atau ikan fillet. Tentu saja rasanya tetap enak dan nikmat.

Ada beberapa tingkatan saat membuat steak, yaitu tingkat kematangan rare, medium rare, medium, medium well, dan well done. Steak dengan tingkat kematangan well done banyak dinikmati para pecinta kuliner. Karena steak well done memiliki tingkat kematangan yang sempurna.

Ada beberapa tips untuk membuat steak dengan tingkat kematangan well done. Penasaran dengan caranya? Simak cara membuat steak well done pada artikel berikut ini:

Tips Membuat Steak Well Done

1. Pilih Potongan Daging

Sebelum membuat steak well done, pastikan untuk memilih potongan daging sapi yang tepat. Sahabat Fimela bisa menggunakan daging sirloin, rib eye, wagyu, tenderloin, atau T-Bone. Jenis daging ini memiliki cita rasa dan tekstur yang sangat lezat untuk dijadikan steak.

2. Bumbui Steak

Diamkan daging pada suhu ruang sebelum diolah. Daging steak yang baru saja dikeluarkan dari kulkas, memiliki tekstur yang keras dan tidak akan matang sempurna jika langsung dimasak. Kemudian, bumbui steak dengan garam dan lada hitam pada setiap sisinya sebelum dimasak.

3. Gunakan Waktu Memanggang yang Tepat

Steak dengan tingkat kematangan well done memiliki kematangan yang sangat sempurna. Sehingga tidak ada sisi daging yang warnanya masih merah. Untuk mendapatkan tingkat kematangan well done, pangganglah daging dengan suhu 77°C, dan masak dengan waktu 11 hingga 15 menit untuk setiap sisi daging.

Resep Steak Well Done

Bahan:

  • 1 pcs daging steak sirloin
  • 2 siung bawang putih geprek
  • Daun peterseli secukupnya
  • Minyak zaitun secukupnya
  • Garam
  • Lada hitam
  • Saus barbeque

Cara membuat:

  1. Tusuk daging menggunakan garpu sebelum diolah.
  2. Marinasi daging pakai garam dan lada hitam.
  3. Panaskan minyak zaitun, masukan bawang putih.
  4. Masukan daging dan daun peterseli. Diamkan selama 11 menit menggunakan api kecil.
  5. Setelah 11 menit, balik daging dan diamkan kurang lebih 5-10menit saja.
  6. Hidangkan steak well done dengan kentang goreng dan saus barbeque.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading