Sukses

Food

8 Tips Memasak Daging Rendang Agar Lebih Empuk dan Lembut

Fimela.com, Jakarta Rendang menjadi salah satu masakan dengan cita rasa yang menggugah selera. Beberapa tahun yang lalu, rendang bahkan masuk sebagai salah satu dari lima masakan terlezat di dunia versi CNN. Untuk membuat daging rendang yang enak, memang butuh kesabaran ekstra dan waktu yang tak sebentar. Selain harus memilih daging terbaik, kita juga perlu memilih bumbu rempah yang berkualitas dan melaluii proses memasak yang cukup panjang. 

Ada sejumlah tips yang bisa dilakukan agar daging rendang lebih empuk dan lembut. Sejumlah tips ini juga bisa membantu bumbu rendang merasuk dengan baik ke dalam daging. Yuk, simak tips memasak rendang agar lebih empuk dan lembut.

Pemilihan dan Pemotongan Daging

Pemilihan Daging

Tips pertama yang perlu diperhatikan adalah pemilih daging. Sebaiknya pilih daging bagian paha sapi bagian luar. Pemilihan daging yang tepat bisa membuat rendang jadi lebih lezat, tidak mudah hancur meski dimasak lama dan teksturnya jadi lebih empuk serta lembut. 

Memotong Daging

Memotong daging juga harus diperhatikan dengan baik. Sebaiknya potong daging dengan ukuran yang lumayan besar dan tebal. Potong juga daging searah serat daging.

Bumbu dan Santan

Pemilihan Bumbu dan rempah

Sebaiknya pilih bumbu dan rempah yang masih segar. Usahakan juga untuk menggunakan bumbu dan rempah dalam jumlah yang sesuai dengan jumlah daging. Semakin terasa bumbu dan rempah pada rendang, akan semakin enak rasa rendang. Ini juga akan membantu daging lebih empuk serta lembut saat dimasak bersama rempah. Untuk menghaluskan bumbu, kamu bisa menguleknya atau memblendernya. 

Gunakan Santan yang Tepat

Gunakan santan yang tepat untuk membuat rendang. Semakin terasa santan yang digunakan, akan memungkinkan kamu memasak rendang lebih lama dan membuat rendang lebih empuk. Santan yang dimasak lama bersama daging akan membantu daging memiliki tekstur yang lebih lembut dengan cita rasa yang lebih gurih dan creamy.

Penggunaan Api dan Cara Memasak

Masak dengan Api Kecil

Masak rendang dengan api kecil. Hal ini akan membantu daging memiliki tekstur yang lebih empuk dan lembut. Tapi ingat, memasak dengan api kecil membutuhkan waktu cukup lama sehingga kamu pun harus lebih bersabar dalam memasaknya. 

Balik Daging Sesekali Saja

Usahakan untuk membalik daging sesekali saja saat dimasak. Ini untuk menghindari daging hancur dan berantakan.

Tips DagingEmpuk

Masak Bumbu Terlebih Dahulu

Masak bumbu terlebih dahulu kemudian tambahkan daging ke dalamnya. Setelah bumbu setengah matang, baru masukkan daging. Cara ini dilakukan agar bumbu matang merata bersama daging dan aroma rendang makin menggugah selera. 

Empukkan Daging dengan Nanas atau Daun Nangka Muda

Sebelum dimasak, sebaiknya daging untuk rendang direbus terlebih duhulu bersama potongan buah nanas atau daun nangka muda. Dua bahan alami ini bermanfaat membuat daging cepat empuk, teksturnya lebih lembut dan rasanya tidak berubah. 

Itu beberapa tips memasak daging rendang agar empuk dan lembut. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencobanya. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading