Sukses

Food

Resep Nagasari Labu Kuning, Kreasi Jajanan Tradisional yang Manis dan Lezat

Fimela.com, Jakarta Indonesia memang negeri yang kaya akan ragam kulinernya. Mulai dari makanan berat, minuman, hingga jajanan. Berbicara mengenai jajanan, di Indonesia banyak ditemui beraneka ragam jajanan tradisional yang sudah ada sejak lama. Biasanya jajanan-jajanan tradisional ini dijual di pasar atau jadi suguhan acara-acara penting seperti saat lebaran atau pernikahan.

Salah satu jajanan tradisional yang cukup populer di Indonesia adalah Nagasari. Nagasari adalah jajanan kue basah tradisional yang terbuat dari tepung adonan tepung beras dan tepung tapioca, santan, dengan isian pisang. Kue basah ini biasanya dibungkus menggunakan daun pisang.

Buat kamu yang ingin mennikmati kelezatan kue nagasari namun juga bosan dengan rasanya yang itu-itu saja, kamu bisa mengkreasikannya menjadi nagasari labu kuning. Nagasari ini terbuat dari campuran labu kuning, santan, tepung beras dan tapioka. Tekstur kue ini lembut dan rasanya manis, cocok untuk menemanimu saat ngeteh atau ngopi di sore hari.

Bahan-bahan

  • 500 gram labu kuning
  • 200 gram tepung beras
  • 50 gram tepung tapioka
  • 150 gram gula pasir, atau disesuaikan dengan selera masing-masing
  • Sejumput garam
  • ½  sdt vanili bubuk
  • 750 ml air santan

Cara Membuat

  1. Kupas dan potong kecil-kecil labu lalu kukus hingga matang dan lunak baru. Setelah labu matang haluskan labu dengan ulekan. Sisihkan.
  2. Dalam wajan, Campurkan tepungberas, tepung tapioka, gula pasir, garam, dan vanili bubuk.
  3. Masukkan air santan ke dalam adonan tepung lalu aduk rata menggunakan whisk sampai tercampur dan tidak ada adonan yang bergerindil. Aduk juga sampai gula larut.
  4. Kemudian masukkan labu yang sudah dihaluskan dan aduk kembali dengan whisk hingga adonan merata.
  5. Masak adonan dengan api sedang sambil terus diaduk-aduk hingga matang meletup-letup dan kalis. Jika sudah, matikan api dan angkat adonan
  6. Siapkan selembar daun pisang, isi bagian tengahnya dengan adonan nagasari secukupnya dengan bentuk memanjang seperti balok.
  7. Lipat daun bagian sisi kiri dan kanan kearah tengah kemudian lipat juga bagian atas dan bawah daun kearah tengah juga.
  8. Lakukan proses di atas sampai semua adonan nagasari habis
  9. Panaskan pengukus sampai airnya mendidih baru tata adonan nagasari. Kukus hingga nagasari matang merata selama kurang lebih 30 menit. Matikan api, angkat kue nagasari yang sudah jadi.
  10. Nagasari labu kuning siap dinikmati.

Itulah resep dan cara membuat nagasari labu kuning. Selamat Mencoba di rumah.

 

Penulis: Diah Ayu V. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading