Sukses

Food

5 Makanan yang Membuat Tubuhmu Malah Gampang Capek

Fimela.com, Jakarta Tidur yang cukup dan makan makanan sehat bisa bantu jaga kebugaran tubuh. Energi tubuh pun bisa ikut terjaga dengan baik bila hal tersebut terpenuhi. Tapi bagaimana kalau sudah berusaha mendapat tidur cukup dan makan cukup, tapi tubuh masih gampang capek? Bisa jadi jenis makanan yang dikonsumsi kurang tepat.

Melansir laman Lifehack.org, ada jenis makanan tertentu yang bila dikonsumsi bisa membuat tubuh capek dan menguras energi kita. Selengkapnya, simak lima di antaranya berikut ini.

 

 

1. Karbohidrat Sederhana

Makan nasi saja memang bikin kenyang tapi bisa bikin cepat lapar juga. Hanya makan roti, kentang, atau pasta yang masuk dalam golongan karbohidrat sederhana juga bikin kenyang tapi bisa bikin tubuh gampang capek. Karbohidrat sederhana mempunyai rantai molekul gula yang pendek sehingga mudah dan cepat dicerna oleh tubuh. Kalau kita hanya mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, energi akan cepat berkurang dan tubuh malah bisa gampang capek.

 

 

 

2. Makanan Olahan dengan Gula Tambahan

Kombinasi makanan tinggi gula dan rendah serat dalam banyak makanan olahan yang mudah dijumpai di pasaran bisa menaikkan tekanan darah dan kadar insulin. Mengonsumi makanan olahan dengan gula tambahan bisa membuat tekanan darah dan insulin melonjak cepat, dan ini bisa membuat energi kita justru akan cepat habis. Belum lagi dengan risiko mengalami obesitas bila konsumsi makanan olahan dengan gula tambahan ini berlebihan.

 

3. Makanan Cepat Saji

 

Makanan cepat saji dan makanan yang berminyak bisa menguras energi karena kandungannya yang tinggi lemak, rendah serat, rendah vitamin, dan rendah mineral. Faktor-faktor tersebut yang bisa memperlambat sistem pencernaan tubuh. Sistem pencernaan yang lebih lambat bisa menjadi masalah karena dapat mengurangi kecepatan nutrisi penambah energi masuk ke dalam tubuh.

 

 

4. Makanan Rendah Zat Besi

Tubuh yang kekurangan zat besi bisa gampang capek. Tubuh pun gampang terasa lelah dan lemas. Kalau makanan yang kita konsumsi rendah zat besi, maka energi tubuh kita kurang bisa terjaga dengan baik. Kalau selama ini sering merasa gampang capek padahal sudah makan kenyang, coba perhatikan lagi apakah makanan yang dikonsumsi sudah mengandung cukup zat besi.

 

 

5. Tinggi Kafein

Makanan dan minuman yang tinggi kafein juga bisa membuat tubuh gampang capek. Memang pada awalnya tubuh akan terasa lebih segar setelah minum kopi, misalnya, tapi setelah itu biasanya tubuh akan terasa tak berenergi. Apalagi jika tak diimbangi dengan gaya hidup sehat dan tidur cukup, siklus energi yang naik turun justru bisa membuat energi tubuh kita mudah terkuras habis.

Saatnya untuk menjaga dan memiliki pola makan yang lebih sehat lagi, ya. Semoga informasi ini bisa jadi tambahan referensi yang bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading