Sukses

Food

5 Tips agar Bolu Kukus Mekar Merekah dan Tidak Bantat

Fimela.com, Jakarta Suka dengan bolu kukus mekar merekah yang empuk? Kita bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahannya mudah ditemukan dan cara membuatnya cukup simpel. Bagi yang masih khawatir atau takut bolu jadi bantat, ada sejumlah tips agar bolu kukus mekar merekah yang bisa diikuti berikut ini.

Tips-tips ini merupakan sejumlah hal dasar yang perlu diketahui agar bolu yang dihasilkan bisa empuk dan mekar. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Gunakan Tepung Terigu Protein Sedang

Tepung terigu protein sedang bisa jadi bahan utama untuk membuat kue bolu kukus yang mekar dan merekah. Dibandingkan jenis tepung lain, terigu protein sedang merupakan bahan pilihan yang paling umum dan aman untuk membuat bolu yang mekar merekah. Sebisa mungkin pilih jenis terigu yang masih bagus dan tidak bau apek.

 

 

2. Kocok Telur dan Gula Hingga Mengembang

Telur, gula, emulsifier, dan vanila bisa dikocok dengan mixer sampai mengembang dan kental berjejak lebih dulu. Pastikan semua bahan tersebut tercampur rata dan mengembang. Setelah itu, tepung, minyak, air, atau bahan lainnya bisa diaduk pakai spatula biasa hingga tercampur rata.

3. Panaskan Kukusan dengan Api Besar

Kukusan atau panci pengukus perlu dipanaskan lebih dulu. Panaskan dengan api besar. Selain itu, lapisi penutup kukusan dengan serbet.

4. Isi Cetakan dengan Adonan Hingga Penuh

Siapkan cetakan yang sudah dilapisi kertas roti. Tuang adonan ke cetakan hingga benar-benar penuh. Supaya hasilnya mekar merekah, cetakan perlu diisi adonan hingga benar-benar penuh. Beri jarak yang cukup antar satu cetakan dengan cetakan yang lain. Kalau terlalu berdempetan, nantinya kue sulit mekar merekah.

5. Jangan Buka Penutupnya selama Proses Pengukusan

Kukus kue selama sekitar 10 menit dengan api besar. Tutup rapat agar uap panasnya bisa maksimal. Jangan buka kukusan selama proses memasak atau pengukusan agar mekar sempurna.

Itu tadi lima tips agar bolu kukus mekar merekah yang bisa langsung dicoba di rumah. Semoga tips-tipsnya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading