Sukses

Food

4 Jenis Makanan yang Ternyata Bisa Membuat Perut Buncit

Fimela.com, Jakarta Apakah kamu merasa frustasi ketika perutmu tetap membuncit meskipun kamu telah menerapkan pola makan yang sehat? Mungkin saja, makanan yang kamu konsumsi sehari-hari dapat menjadi penyebabnya. 

Dilansir dari Healthline, perut buncit dapat terjadi akibat mengonsumsi jenis makanan tertentu yang dapat memperlambat pencernaan dan membuat gas terjebak di dalam perut. Sayangnya, banyak dari kita sering tidak menyadari bahwa jenis makanan tertentu yang kita konsumsi bahkan makanan yang dianggap sehat pun ternyata dapat menyebabkan perut menjadi buncit.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang sering kali tidak disadari yang dapat membuat perut membuncit.

1. Makanan atau minuman tinggi gula

Makanan yang mengandung gula tinggi seperti soda, permen, dan kue-kue manis dapat menyebabkan perut buncit. Hal ini dikarenakan gula dalam makanan tersebut dapat menyebabkan kadar insulin dalam tubuh meningkat sehingga terjadinya penimbunan lemak di perut.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memperhatikan asupan gula dalam makanan sehari-hari dan mencoba untuk menguranginya. Sebagai gantinya, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat, seperti buah-buahan, sayuran, dan sumber protein rendah lemak, seperti daging tanpa lemak, telur, dan kacang-kacangan.

Selain itu, penting juga untuk membaca label pada makanan dan minuman yang kita konsumsi untuk mengetahui kandungan gula di dalamnya. Meskipun banyak perusahaan makanan dan minuman yang telah mulai mengurangi kandungan gula pada produk-produk mereka, tetapi penting bagi kita sebagai konsumen untuk selalu memperhatikan dan memilih makanan dan minuman yang lebih sehat.

Asupan karbohidrat yang berlebih juga dapat membuat perut menjadi buncit, lho

2. Karbohidrat sederhana

Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti roti putih, pasta, dan nasi putih dapat membuat perutmu membuncit, lho. Hal ini dikarenakan, karbohidrat sederhana mudah dicerna tubuh dan dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat secara cepat.

Apabila mengonsumsi karbohidrat sederhana dalam jumlah berlebihan, maka dapat memicu produksi insulin yang berlebih dalam tubuh dan menyebabkan tubuh menyimpan lebih banyak lemak, terutama di area perut sehingga perut menjadi buncit.

Sebagai alternatif, sebaiknya konsumsilah karbohidrat kompleks yang lebih sehat seperti roti gandum, oatmeal, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Karbohidrat kompleks ini jauh lebih sulit dicerna oleh tubuh, sehingga memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan mengurangi risiko perut buncit.

3. Sayuran mentah

Dilansir dari Harvard Health Publishing, sayuran mentah seperti brokoli, kubis, dan kol dapat menyebabkan gas terperangkap di dalam perut dan menyebabkan perut buncit. Selain itu, sayuran mentah juga sulit dicerna oleh beberapa orang yang memiliki masalah pencernaan, sehingga dapat menyebabkan perut kembung dan terasa tidak nyaman. Namun, bukan berarti kamu tidak boleh makan sayuran mentah sama sekali, tetapi sebaiknya konsumsi sayuran mentah dengan jumlah yang tepat dan hindari makan terlalu banyak pada satu waktu.

Hindari makanan olahan agar perut tidak membuncit

4. Makanan olahan

Makanan olahan seperti sosis, nugget, dan daging kalengan mengandung banyak sodium dan bahan pengawet yang dapat menyebabkan retensi air di perut dan menyebabkan perut menjadi buncit. Selain itu, makanan olahan juga mengandung bahan tambahan seperti MSG, nitrit, dan sulfat, yang dapat menyebabkan peradangan pada saluran pencernaan

Oleh karena itu, batasi mengonsumsi makanan olahan atau menggantinya dengan daging tanpa bahan pengawet atau ikan. Dengan memilih makanan alami, tubuh akan lebih mudah mencerna dan mengeluarkan racun atau zat-zat berbahaya, sehingga membantu mencegah perut buncit dan menghasilkan tubuh yang lebih sehat secara keseluruhan.

Demikian beberapa jenis makanan yang sering kali tidak disadari yang dapat membuat perutmu membuncit. Selain menjaga pola makan yang sehat dan seimbang, olahraga secara rutin juga diperlukan untuk mengurangi terjadinya perut buncit.

 

*Penulis: Amelia Septika.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading