Sukses

Food

7 Buah Terbaik untuk Membantu Turunkan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Buah adalah makanan yang mengandung banyak serat, vitamin, dan nutrisi yang memberi khasiat untuk tubuh. Dengan banyaknya manfaat yang diberikan buah tak heran bila buah selalu direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari demi meningkatkan kesehatan. Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, nyatanya buah juga baik untuk membantu menurunkan berat badan.

Banyak jenis makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat program diet. Biasanya makanan yang sempurna untuk menurunkan berat badan adalah yang mengandung kalori rendah dan melancarkan pencernaan. Semua manfaat ini dapat diraih dari mengonsumsi buah. Rasa manis alami, kalori rendah, dan kaya akan serat membuat buah cocok jadi makanan andalan selama diet. Berikut buah terbaik untuk membantu turunkan berat badan.

1. Nanas

Buah tropis yang disukai banyak masyarakat Indonesia ini mengandung enzim yang menyehatkan pencernaan. Pencernaan yang baik secara khusus dapat mengatur nafsu makan yang berpengaruh pada berat badan stabil. Penelitian menemukan mengonsumsi nanas secara rutin menjadi langkah penting mencegah obesitas.

2. Pir

Setiap potong pir mengandung 6 gram serat yang berkontribusi dalam menurunkan berat badan. Penelitian menemukan orang yang rutin mengonsumsi pir lebih cepat mengalami penurunan berat badan dibanding yang mengonsumsi oat. Dikonsumsi secara utuh, diolah bersama granola atau cara lainnya bisa jadi ide mengonsumsi pir untuk makanan setiap hari.

3. Melon

Memiliki kandungan air tinggi, melon adalah pilihan tepat untuk buah rendah kalori. Bukan hanya mampu menurunkan berat badan, melon juga dapat menurunkan kadar kolesterol sehingga terhindar dari penyakit kronis seperti jantung dan stroke. Melon dapat dinikmati sebagai makanan penutup, camilan, atau disajikan utuh bersama kacang-kacangan.

4. Kiwi

Buah kecil yang kaya akan vitamin C dan serat ternyata mengandung banyak manfaat. Mengonsumsi buah kiwi dapat menurunkan berat badan dengan cepat dan memberi rasa kenyang lebih lama. Selain itu kiwi juga dapat merawat kesehatan usus sehingga pencernaan pun lancar.

5. Pepaya

Buah tropis kegemaran banyak orang ini sering diandalkan untuk membantu buang air besar lancar. Senyawa dalam pepaya dapat memperbaiki pencernaan sehingga pencernaan lancar dan mendukung penurunan berat badan. Terlepas dari pola diet, menambahkan pepaya setiap makan dapat menurunkan berat badan secara efektif.

6. Pisang

Pisang sebenarnya memiliki kandungan yang efektif menghilangkan lemak tubuh. Mengandung 3 gram serat per porsi, pisang memberi rasa kenyang lebih lama dengan kandungan kalori rendah. Pisang hijau lebih baik daripada pisang kuning karena mengandung pati resisten yang mengendalikan berat badan.

7. Jeruk Bali

Disukai karena rasa asam yang segar, jeruk bali membantu menurunkan berat badan saat dikonsumsi sebelum makan. Meskipun efek penurunan berat badan tidak sebesar buah lainnya, jeruk bali memiliki kandungan kalori relatif rendah dan kaya serat yang baik dikonsumsi saat diet.

Saat diet, penting untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi dan jumlahnya. Imbangi dengan olahraga dan gaya hidup sehat agar berat badan turun dan kesehatan tetap terjaga.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading