Sukses

Food

5 Cara Memasak Daging agar Lembut dan Empuk

Fimela.com, Jakarta Di hari raya idul adha setiap orang akan merayakannya dengan mengolah daging hewan kurban. Tak jarang juga daging menjadi menu utama harian. Mulai dari daging sapi hingga kambing, banyak pilihan olahan yang memberi cita rasa berbeda. Namun yang tak boleh terlewat adalah cara memasaknya. Bila tidak cermat maka daging akan keras dan alot sehingga sulit dimakan. Daging yang keras akan memberi rasa tidak nyaman bagi gigi saat makan.

Melansir dari Cookist daging jenis apapun dapat diolah menjadi lembut dan empuk. Perhatikan beberapa cara di bawah ini agar daging olahanmu terasa nikmat saat dikonsumsi.

1. Gunakan Pelunak Daging

Metode yang cepat dan mudah adalah dengan menggunakan pelunak daging. Cara yang tepat adalah dengan mengiris daging menjadi beberapa bagian lalu memarkan satu per satu. Cara ini akan membuat serat daging yang keras menjadi hancur sehingga daging terasa lebih lembut. Bila tidak memiliki alat pelunak, maka memarkan daging dengan tulang telapak tangan. Lakukan pukulan searah dari dalam ke luar.

2. Marinasi Daging dengan Garam Kasar

Bila ingin mengolah daging menjadi steak, cara terbaik untuk membuatnya terasa empuk adalah dengan marinasi bersama garam kasar. Potong daging setebal 4 cm lalu lumuri dengan garam kasar pada kedua sisinya. Marinasi selama 1 jam lalu bilas dan bersihkan sebelum dimasak. Dengan begitu daging akan terasa empuk, juicy, dan terasa lebih gurih.

3. Rendam dengan Cuka dan Air Lemon

Penyebab daging terasa keras adalah otot daging yang menggumpal. Untuk membuatnya empuk saat dimakan maka serat dan otot daging harus dihancurkan. Rendam daging dengan cuka dan air lemon bisa jadi solusi. Diamkan selama semalam sebelum memasak daging.

4. Bumbui dengan Buah

Pelunakan daging dengan enzim pada buah adalah cara lain yang bisa dicoba. Gunakan buah kiwi, nanas, atau pepaya. Untuk buah yang tidak meninggalkan rasa pada daging, gunakan kiwi yang memiliki rasa netral. Khusus pada buah nanas, jangan rendam daging terlalu lama. Nanas memiliki efek lebih kuat untuk melembutkan daging. Biarkan setidaknya 1 hari.

5. Menggunakan Baking Soda

Menggunakan soda kue adalah cara melunakkan daging tanpa mempengaruhi rasa. Masak daging dengan cara yang kamu inginkan, lalu saat daging sudah 1/3 matang taburkan sedikit soda kue. Takarannya yaitu 1 sendok teh untuk tiap 1 kg daging. Gelembung yang dihasilkan soda kue sebagai reaksi saat tercampur bahan lain akan membuat daging empuk.

Gunakan salah satu trik di atas untuk membuat daging terasa empuk. Jangan lupa konsumsi bersama dengan sayur agar asupan serat seimbang dengan protein pada daging.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading